18:00 . Berbaur dengan Warga, Pekerja Lapangan Banyu Urip Menjadi Relawan Kurban   |   11:00 . Jemaah Haji KBIHU ATTANWIR Tuntas Lontar Jumrah   |   10:00 . Cerita Jagal Kurban, Sehari Bisa 4 Tempat Hingga Sapi Pernah Kabur   |   08:00 . Idul Adha, Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Kebanjiran   |   20:00 . Cuaca Ekstrim, Jemaah Lontar Jumrah Sore Hari Saja   |   17:00 . Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah   |   15:00 . Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan   |   12:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Lawan Persebaya ???   |   11:00 . DPC PDI Perjuangan Bojonegoro Serahkan Hewan Qurban di 2 Masjid   |   10:00 . Dahului Pemerintah, Ratusan Warga Bojonegoro Ini Sudah Laksanakan Sholat Idul Adha   |   09:00 . Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan   |   07:00 . Ketua BPC HIPMI Bojonegoro Terpilih, Siap Perkuat Peran, Kolaborasi dan Pengembangan Ekraf Wirausaha Muda   |   20:00 . Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha Senin 17 Juni   |   19:00 . Hujan Deras di Bojonegoro Sebabkan Atap Rumah dan Pepohonan Roboh   |   17:00 . Lancar, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Selesai   |  
Wed, 19 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampanye Keselamatan Jalur Pipa bersama Warga

blokbojonegoro.com | Tuesday, 02 October 2018 12:00

Kampanye Keselamatan Jalur Pipa bersama Warga

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Jalur pipa darat yang mengalirkan minyak dari Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro hingga Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban adalah aset negera yang harus dijaga. Sebab, produksi minyak Indonesia sangat tergantung minyak hasil produksi tersebut.

Menyadari pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan jalur pipa ini, warga masyarakat sepanjang jalur pipa membentuk Relawan Keselamatan Jalur Pipa (ReKJaP). Pembentukan relawan ini dimulai dengan Pelatihan dan Pembekalan Relawan Keselamatan Jalur Pipa pada Selasa (2/10/2018).

Kegiatan ini bagian dari Program Sosialisasi dan Kampanye Keselamatan Fasilitas Migas Kepada Masyarakat Sepanjang Jalur Pipa yang diinisiasi operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). EMCL yang bekerjasama Yayasan Sedulur Pena (YSP) membina dan mengembangkan partisipasi aktif warga dengan melakukan koordinasi rutin dan pendampingan.

Melalui pendampingan, warga dari 56 desa yang ada di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai apa saja yang harus dilakukan dan dihindari. EMCL bersama YSP juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Forpimka, Pemerintahan Desa, tokoh agama serta elemen masyarakat setempat.

“Hari ini dan besok digelar pelatihan relawan yang berjumlah 35 orang yang mewakili desa-desa di jalur pipa,” kata Ketua Yasasan Sedulur Pena (YSP), M. Nur Muharrom di Wisma Toyoaji, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Dia menuturkan, pada pelatihan ini peserta dibekali berbagai pengetahuan tentang kerelawanan, keselamatan jalur pipa dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, perwakilan EMCL, Ichwan Arifin memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang telah turut serta dalam menyukseskan proyek negara di Lapangan Banyu Urip. Apalagi jalur pipa menjadi sangat penting untuk dijaga karena berdekatan dengan masyarakat.

“Hari ini kami bangga, banyak masyarakat yang peduli dan rela menjadi pelopor keselamatan jalur pipa di tingkat desa,” jelasnya.

Ichwan menambahkan, keberadaan pipa minyak yang memanjang di darat sepanjang 72 kilometer dari Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, hingga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban, telah didesain dengan teknologi tinggi. Pipa tersebut tertanam sedalam 1,5 meter di dalam tanah. Namun, masih tetap perlu untuk dijaga bersama-sama.

“Misalnya, jangan sampai ada kegiatan yang bisa merusak pipa dan membahayakan masyarakat. Seperti menanam pohon berakar panjang, mendirikan bangunan, atau bahkan kendaraan maupun alat berat melaksanakan aktivitas di jalur pipa,” pungkasnya. [ito/mu]

Tag : Kampanye, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat