19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   14:00 . Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022   |   13:00 . Hingga Kini, Polisi Belum Temukan Titik Terang   |   11:00 . Salut dengan PDKB, Ketua Asosiasi Kartini Mandiri Akan Gandeng untuk Bidang Usaha   |   09:00 . Bupati Bojonegoro Berangkatkan Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" Menuju Tuban   |   08:00 . Tragedi Kanjuruhan, GPK Minta Reformasi Total Penyelenggaraan Sepakbola Indonesia   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab

blokbojonegoro.com | Monday, 18 February 2019 19:00

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab pintarkomputer.com

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang dilakukan untuk mendorong perbaikan Teknologi Informasi (TI) dalam mendorong layanan informasi di antaranya adalah peningkatan indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

"Yang tertuang dalam sasaran dan indikator sasaran RPJMD 2018-2023," kata Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Budi Irawanto kepada blokBojonegoro.com, Senin (18/2/2019).

Penyusunan masterplan yang berisi pemetaan kebutuhan infrastruktur, aplikasi, dan sumber daya manusia (SDM) pada OPD layanan untuk mengetahui kebutuhan implementasi layanan berbasis elektronik agar layanan kepada masyarakat lebih cepat dan mudah.

Pengintegrasian aplikasi penunjang e-Government dari perencanaan, keuangan, monitoring, dan evaluasi serta integrasi database beberapa aplikasi ke dalam dashboard monitoring, sehingga dapat dilaksanakan pemantauan dan early warning pimpinan kepada OPD.

Implementasi Pusat Informasi Publik (PIP) dengan konsep one stop service, layanan informasi yang terintegrasi antara Media Center, Media Cetak, Radio Malowopati, dilengkapi ruang pantau sebagai bahan informasi dan pemberitaan terpadu kepada masyarakat.

"Sehingga dapat tercipta informasi yang real time, up to date  dan masyarakat dapat lebih banyak berperan serta saling berkontribusi memberikan informasi kepada masyarakat lainnya," ujarnya.

Ia manambahkan, Dinas Kominfo bersama Dinas Sosial telah melakukan koordinasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial RI yang telah menyampaikan kesediaan memberikan master data kemiskinan by name by address Kabupaten Bojonegoro.

"Target kami pada triwulan kedua tahun 2019 database dapat dimanfaatkan sebagai data utama sebagai sarana evaluasi dan pengambilan kebijakan," ujarnya menjelaskan.

Pendampingan pembentukan Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) dan pendampingan aktivasi Sistem Informasi Desa (SID) yang akan mengintegrasikan menu layanan persuratan yang ditangani oleh desa secara online, sekaligus dilengkapi database penduduk desa masing-masing.

"Dengan harapan desa dapat semakin cepat dan mudah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan ditunjang data kependudukan," pungkasnya. [yud/lis]

 

Tag : pemkab, informasi, layanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat