08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan IPM Bojonegoro dengan Kualitas Tenaga Pendidik

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 February 2019 06:00

Tingkatkan IPM Bojonegoro dengan Kualitas Tenaga Pendidik

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menjelaskan pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu indikatornya dapat dilihat sejauh mana kemajuan pendidikan di daerah.

"Hal itu tentu bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, saat ini dunia pendidikan memiliki banyak tantangan baik skala nasional maupun dalam konteks global," kata bupati.

Sehingga, lanjut orang nomor satu di Bojonegoro ini, cara terbaik melewatinya adalah menghadapi dengan penuh kerjasama, kerja keras dan semangat lebih maju.

"Sebagai pendidik jangan hanya mengajar dengan cara yang biasa-biasa, perlu juga memunculkan inovasi dan pembelajaran yang dapat menjawab tantangan zaman," tutur bupati.

Bupati menambahkan, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menjawab tantangan pendidikan. Misalnya, dengan cara memberi materi muatan lokal yang bisa menambah wawasan khusus untuk siswa yang dididik.

"Kami juga ada beasiswa pendidikan jenjang S1 untuk jurusan scientist, seperti kedokteran, pengolahan minyak dan lain sebagainya, sebagai bentuk investasi sumber daya manusia yang kedepannya tentu dapat mewarnai dunia pendidikan di Bojonegoro," tambahnya.

Di sisi lain, bupati sudah meminta Dinas Pendidikan untuk melakukan kajian tentang payung hukum apabila sekolah-sekolah ingin membuka sub bidang pelajaran khusus. Sebab, bisa jadi efektif untuk membangun wawasan khusus siswa di sekolahnya.

Pelajaran pada bidang khusus ini dapat menjadi embrio lahirnya siswa yang memang memiliki kemampuan di bidang yang spesifik.

"Sehingga jika nanti melanjutkan ke perguruan tinggi murid sudah memiliki bekal untuk jurusan yang ingin diembanya," pungkas bupati.

Sebelumnya, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menghadiri Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMP Negeri di Ngasem, Ngambon, Purwosari dan Tambakrejo pada Jumat (22/2/2019).

Acara tersebut dilaksanakan di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Acara yang dihadiri lebih dari seratus guru SMP Negeri tersebut dijelaskan pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). [yud/mu]

Tag : ipm, bojonegoro, bupati, pendidikan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat