20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   19:00 . Inilah 8 Caleg DPRD Bojonegoro yang Diprediksi Bakal Melenggang dari Dapil VI   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 September 2019 18:00

Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dalam hal ini Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Selasa (17/9/2019).

Pendatanganan dilakukan di Ruang Rumah Dinas Bupati Bojonegoro itu, dalam rangka peningkatan, pengembangan dan pengembangan ekonomi kreatif menuju terbentuknya Bojonegoro sebagai Kota Kreatif.

Ketua Umum ICCN, Fiki Satari menyampaikan, tujuannya datang ke Bojonegoro karena terinspirasi dari pemaparan Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah satu kesempatan dalam forum, bagaimana semangat bupati untuk mengubah Sumber Daya Alam (SDA) menjadi Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami sangat mendukung inisiatif ibu Bupati. Dari kota dan daerah yang lain, sengaja kami mendatangi yang pertama di Bojonegoro ini," ujar Fiki.

Untuk menuju Kota Kreatif, menurutnya, yang pertama dilakukan harus menemukan fokus prioritas dan kreatifitas. Fiki menyontohkan ada 5 kota di berbagai negara yang mampu bangkit dan menjadi kota kreatif di level dunia, yakni Katowice, Parma, Glasgow, Detroit dan Dundee.

Masih kata Fiki, kelima kota itu, memiliki narasi yang sama dengan Kabupaten Bojonegoro. Bedanya, 5 negara itu haru terjatuh dan bangkrut lebih dahulu, kemudian bangkit menemukan potensi dan mendefinisikan sebagai kota kreatif hingga bertahan di level dunia.

"Kami bercita-cita jika ingin menyelenggarakan semacam Creative City, bisa mengundang 5 negara itu," harap Fiki.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro menjelaskan, di Bojonegoro selain SDA berupa migas dan kayu, ada juga batu onik yang di wilayah selatan. Namun keberadaan batu itu, pengolahan hingga pemasarannya dilakukan di luar daerah.

"SDM kami memang pas-pasan. Tapi kami mempunyai semangat tinggi untuk mengubah SDA dengan SDM yang kreatif. Kami meminta dukungan ICCN untuk mensupport kami, baik di tingkat lokal, regional, nasiinal hingga internasional," harap Bupati.

Acara pendandatanganan MoU antara Pemkab Bojonegoro dengan ICCN, dihadiri Ketua Umum ICCN, Pj Sekda, Ketua DPRD, Kepala OPD serta insan kreatif dari berbagai komunitas yang ada di Bojonegoro. [ito/lis]

Tag : mou, pemkab, iccn, ekonomi, kreatif



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat