07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |   17:00 . Ada Makam di Tengah Hutan Temayang, Diduga untuk Ritual Pesugihan   |   15:00 . Iseng Main Game, Pria Kepohbaru Dapat Rp100 Juta, Kok Bisa?   |   14:00 . Pertamina Komit Jaga Ketahanan Energi Nasional dengan Optimalisasi Produksi   |   13:00 . Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya   |   10:00 . Diatas Rata-Rata Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 Tertinggi Se-Pulau Jawa   |   09:00 . KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan   |   08:00 . Forecasting Pendidikan di Bojonegoro Mampu Lompat Level Tinggi   |   07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |  
Tue, 09 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Keberagaman, Silaturrohim Gereja di Baureno

blokbojonegoro.com | Monday, 25 November 2019 08:00

Jaga Keberagaman, Silaturrohim Gereja di Baureno

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Perbedaan bukan menjadi perselihan, namun sebagai pemersatu dalam sebuah keberagaman. Sehingga Gusurian bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU Baureno, bersilaturrohim ke Gereja Isa Almasih (GIA) Cabang Baureno, Minggu (24/11/2019) malam.

Para pecinta Gusdur di Kabupaten Bojonegoro dan anggota Ansor Baureno diterima langsung dengan hangat, jemaat gereja tersebut.

Sebelum berbincang-bincang terkait keberagaman, diawali dengan makan bersama dan pemutaran film terkait toleransi antar umat bergama di Arab Saudi yang sudah disiapkan gereja.

"Berteman itu baik, sehingga pertemuan ini bermacam-bermacam enak dan tidak membeda-bedakan," kata pendeta Bambang Purwanto, saat menerima silaturrohim Gusdurian dan Ansor.

Selain itu Pak Bambang menceritakan, beberapa waktu lalu ia mengikuti pertemuan di Kabupaten Bojonegoro terkait kebangsaan. Setelah itu ia disarankan untuk mengenal Gusdurian, untuk menjalin silaturrohim. Termasuk Ansor di Baureno untuk menjebatani pertemuan itu.

"Semuanya ingin kebersamaan di tengah-tengah keberagaman. Setelah pertemuan ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya yang lebih besar dan bermanfaat," terangnya.

2 (2)

Sementara itu ketua PAC GP Ansor NU Kecamatan Baureno, Rohmat Mualim mengucapkan terimakasih atas penyambutan agar saling kenal. Salah satunya pertemuan ini sebagai bentuk meneruskan perjuangan Gusdur, dengan merajut keberagaman.

"Tuhan menciptakan perbedaan, kita harus menerima perbedaan itu. Bukan menjadikan perbedaan sebagai permasalahan, tetapi bagaimana kita merajut keberagaman itu," jelasnya.

Selain itu, lanjut sahabat Rohmad, dalam al-qur'an pun juga sudah mengatur berbedaan. Termasuk diungkapkan 'bagimu agamamu, bagiku agamaku'. "Harapannya silaturrohim ini tetap terjaga, menjadikan persaudaraan antar umat beragama di Baureno," ungkap Rohmad.

Koordinator Gusdurian Kabupaten Bojonegoro, Heri Puji Santoso mengapresiasi kebersamaan yang terjalin di Kecamatan Baureno. Banyak hal yang ia sampaikan seputar keberagaman sesuai ajaran dan perilaku Gusdur atau KH. Abdul Rohman Wahid.

"Sejak dulu Gusdur sudah memperjuangkan keberagaman dan perbedaan. Hal-hal minoritas selalu dibela Gusdur, agar berbedaan tidak menjadikan pertentangan maupun konflik," tuturnya.

Gusdurian sebagai wadah salah satunya lintas agama yang ada di dalamnya. Banyak hal yang diajarkan di Gusdurian, mulai toleransi, keberagaman, kebersamaan dan yang lainnya.

"Sehingga Gusdurian selalu hadir merawat perbedaan menjadi sesuatu yang indah. Bukan dijadikan persoalan yang harus diperdebatkan," pungkasnya yang juga aktifis Nahdlatul Ulama itu. [zid/mu]

Tag : gusdurian, nu, ansor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat