17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Keberagaman, Silaturrohim Gereja di Baureno

blokbojonegoro.com | Monday, 25 November 2019 08:00

Jaga Keberagaman, Silaturrohim Gereja di Baureno

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Perbedaan bukan menjadi perselihan, namun sebagai pemersatu dalam sebuah keberagaman. Sehingga Gusurian bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU Baureno, bersilaturrohim ke Gereja Isa Almasih (GIA) Cabang Baureno, Minggu (24/11/2019) malam.

Para pecinta Gusdur di Kabupaten Bojonegoro dan anggota Ansor Baureno diterima langsung dengan hangat, jemaat gereja tersebut.

Sebelum berbincang-bincang terkait keberagaman, diawali dengan makan bersama dan pemutaran film terkait toleransi antar umat bergama di Arab Saudi yang sudah disiapkan gereja.

"Berteman itu baik, sehingga pertemuan ini bermacam-bermacam enak dan tidak membeda-bedakan," kata pendeta Bambang Purwanto, saat menerima silaturrohim Gusdurian dan Ansor.

Selain itu Pak Bambang menceritakan, beberapa waktu lalu ia mengikuti pertemuan di Kabupaten Bojonegoro terkait kebangsaan. Setelah itu ia disarankan untuk mengenal Gusdurian, untuk menjalin silaturrohim. Termasuk Ansor di Baureno untuk menjebatani pertemuan itu.

"Semuanya ingin kebersamaan di tengah-tengah keberagaman. Setelah pertemuan ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya yang lebih besar dan bermanfaat," terangnya.

2 (2)

Sementara itu ketua PAC GP Ansor NU Kecamatan Baureno, Rohmat Mualim mengucapkan terimakasih atas penyambutan agar saling kenal. Salah satunya pertemuan ini sebagai bentuk meneruskan perjuangan Gusdur, dengan merajut keberagaman.

"Tuhan menciptakan perbedaan, kita harus menerima perbedaan itu. Bukan menjadikan perbedaan sebagai permasalahan, tetapi bagaimana kita merajut keberagaman itu," jelasnya.

Selain itu, lanjut sahabat Rohmad, dalam al-qur'an pun juga sudah mengatur berbedaan. Termasuk diungkapkan 'bagimu agamamu, bagiku agamaku'. "Harapannya silaturrohim ini tetap terjaga, menjadikan persaudaraan antar umat beragama di Baureno," ungkap Rohmad.

Koordinator Gusdurian Kabupaten Bojonegoro, Heri Puji Santoso mengapresiasi kebersamaan yang terjalin di Kecamatan Baureno. Banyak hal yang ia sampaikan seputar keberagaman sesuai ajaran dan perilaku Gusdur atau KH. Abdul Rohman Wahid.

"Sejak dulu Gusdur sudah memperjuangkan keberagaman dan perbedaan. Hal-hal minoritas selalu dibela Gusdur, agar berbedaan tidak menjadikan pertentangan maupun konflik," tuturnya.

Gusdurian sebagai wadah salah satunya lintas agama yang ada di dalamnya. Banyak hal yang diajarkan di Gusdurian, mulai toleransi, keberagaman, kebersamaan dan yang lainnya.

"Sehingga Gusdurian selalu hadir merawat perbedaan menjadi sesuatu yang indah. Bukan dijadikan persoalan yang harus diperdebatkan," pungkasnya yang juga aktifis Nahdlatul Ulama itu. [zid/mu]

Tag : gusdurian, nu, ansor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat