15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anggaran Normalisasi dan Rehab Embung Capai Rp3,5 M

blokbojonegoro.com | Monday, 09 December 2019 17:00

Anggaran Normalisasi dan Rehab Embung Capai Rp3,5 M

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Anggaran miliaran rupiah disiapkan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU-SDA) Bojonegoro, untuk normalisasi 35 embung dan rehabilitasi di sejumlah kecamatan. Hal itu dilakukan guna bisa menampung air agar lebih banyak.

Kabid Air Baku dan Irigasi, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU- SDA) Kabupaten Bojonegoro, Iwan Kristian mengatakan ada 35 embung dalam keadaan rusak dan perlu dilakukan rehabilitasi atau normalisasi, nantinya pelaksanaan itu akan dilakukan tahun 2020 mendatang.

"Anggaran yang disediakan untuk melakukan rehabilitasi dan normalisasi 2020 mendatang sebesar Rp1,8 miliar," ucap Iwan kepada blokBojonegoro.com.

Lanjut Iwan, tidak hanya normalisasi dan pembuatan embung baru, nantinya qda juga anggaran untuk pengadaan pelapis geomembrane untuk 7 lokasi embung yakni sebesar Rp1,7 milar.

"Jadi, total anggaran untuk embung pada 2020 mendatang sebesar Rp 3,5 miliar," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Lanjut Iwan, dari 35 embung yang akan di normalisasi pada 2020 tersebut, ada 7 lo­kasi embung yang akan menggunakan pelapis geomembrane, yaitu di Kecamatan Kedungadem, embung Megale dan Tlogogagung, Kecamatan Sugihwaras, embung Sugihwaras, Kecamatan Sekar, embung Bobol. Kecamatan Kedungadem, Embung Geger, Kecamatan Kedungadem, Embung Drokilo dan Kecamatan Gondang, Embung Pragelan.

"Penggunaan geomembrane itu guna mengurangi daya serap air ke tanah. Sehingga kapasitas air terjaga hingga berguna untuk masa tanam kedua," tandasnya.

Sementara itu, pada tahun 2019 ini, Dinas PU- SDA Bojonegoor telah melakukan rehabilitasi dan normalisasi sebanyak 32 embung dan membangun 3 embung baru, antara lain Embung Gapluk di Kecamatan Purwosari, Embung Bobol di Kecamatan Sekar dan Embung Deru di Kecamatan Sumberrejo, dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,6 miliar.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com dari jumlah 524 embung yang ada di Kabupaten Bojonegoro, ada 204 embung yang mengalami kerusakan, yakni mengalami pendangkalan, baik akibat longsoran tanggul maupun dari pintu masuk ke waduk yang dari sungai. [saf/lis]

Tag : Embung, anggaran, dpu.



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat