21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Unik....! Sumur Sedalam Satu Meter Tak Pernah Kering

blokbojonegoro.com | Thursday, 19 December 2019 11:00

Unik....! Sumur Sedalam Satu Meter Tak Pernah Kering

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Berbeda dengan sumur jubin pada umumnya yang akan berkurang debit airnya dan bahkan mengering saat kemarau panjang, air sumur tua yang ada di Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro ini justru berbeda.

Air sumur unik ini, tetap dan tak pernah kering meski kemarau.

Jumali (48) warga sekitar menuturkan, sumur dengan diameter 50 centimeter dan kedalaman 1 meter ini terbilang unik. Sumur timba dengan dinding batu tersebut tidak pernah mengering, sumur ini ada sejak dirinya masih kecil.

"Uniknya sumur ini tidak pernah kering," ungkap Jumali saat menimba air di sumur itu, Selasa (18/12/2019).

Sumur tua yang letaknya di pinggir sungai ini menjadi andalan warga empat dusun. Tak sedikit pula warga dari luar desa datang sengaja dengan membawa jerigen untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangganya.

"Dari saya kecil hingga sekarang belum pernah airnya mengering, jadi saat musim kemarau, sumur ini hanya satu-satunya sumber air bagi warga di sini," ujar dia.

Menurutnya, meski kemarau air di sini kalau jarang diambil sering tumpah keluar. Sedangkan di musim hujan sumur ini tertimbun lumpur banjir, karena berada di sungai. Jika menyusut airnya, hanya dalam hitungan menit air bersih ini bisa kembali diambil.

"Semua warga memang mengambil air dari sumur ini, alhamdulillah airnya selalu ada meskipun kemarau," kata Jumali.

Ia mengatakan, selama ini warga setempat merasa terbantu dengan adanya sumur tua, karena selain airnya tidak pernah kering, air sumur sangat jernih dan tidak pernah kotor.

Warga lain, Azizun Abdur Rochim (31) mengatakan, selama musim kemarau warga memang sangat mengandalkan air sumur tua tersebut untuk kebutuhan memasak, mandi dan mencuci, karena air sumur di rumahnya sudah tidak keluar.

Ia mengaku, setiap hari menimba air dari sumur tersebut. Ketika airnya habis dalam waktu 10 menit, air di dalam sumur tersebut terisi kembali dengan sendirinya.

Kedua warga tersebut mengaku, selama musim kemarau wilayahnya memang mengalami krisis air bersih. Beruntung, dengan adanya sumur tua ini, mereka bisa terbantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. [her/mu]

Tag : Sumur, unik, langka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat