15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengintip Strategi Penggemukan Para Peternak Sapi

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 December 2019 10:00

Mengintip Strategi Penggemukan Para Peternak Sapi

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Pada umumnya ketersediaan sapi potong dilakukan melalui penggemukkan sapi melalui sistem kreman (dikandangkan terus menerus) dan dilakukan dalam waktu yang singkat sekitar 4 bulan pemeliharaan.


Oleh sebab itu untuk penggemukan sapi dalam relatif singkat pakan yang diberikan haruslah yang memenuhi  zat-zat gizi untuk mencapai pertambahan berat badan sesuai target. Zat-zat gizi tersebut adalah protein, energi, mineral, vitamin dan air yang terdapat pada berbagai jenis bahan pakan.

Pantauan blokBojonegoro.com menyebutkan, ternak sapi milik Totok (35), warga Desa Setren, Kecamatan Ngasem, berukuran di atas rata-rata. Menurut Totok, ternak sapinya bisa tumbuh besar karena dirawat secara khusus.

"Ada perawatan khusus mulai dari menu pakan, minum, sampai kebersihan sapi dan kandangnya," tuturnya.

Untuk jenis pakan hijau yang disuguhkan pun harus pilihan. Totok mengaku hanya menfokuskan pakan sapinya pada jenis rerumputan segar dan rumput gajah. Setiap harinya pakan hijau itu tidak boleh kurang dari jatah kebutuhan ternaknya.

Sedangkan untuk minum ternaknya, Totok sengaja mencampur dengan ampas tahu, kathul dan polard. Tak cukup itu, kesehatan ternak juga tak luput dari perhatian. Menurut Totok, tiap 2 bulan sekali ternaknya juga rutin diperiksakan ke dokter atau manteri hewan.

Peternak lain Seswanto (39) warga Dusun Dawe, Desa Bobol, Kecamatan Sekar menerangkan pembuatan pakan fermentasi dibuat dengan cara cukup sederhana. Mencampur limbah pertanian dengan polar dengan perbandingan 10 : 2, serta ditambahkan air secukupnya. Campuran limbah pertanian dan polar ini dimasukkan ke dalam tabung untuk dilakukan fermentasi selama satu minggu.

"Pakan ini mempercepat penyerapan sari makanan dalam tubuh sapi. Pasalnya, sapi membutuhkan waktu fermentasi terhadap seluruh makanan yang ditampung di dalam perutnya", ujar Siswanto.[her/lis]



Tag : Sapi, penggemukan, hewan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat