13:00 . Oleng, Truk Tronton Tabrak Dua Pemotor di Balen   |   12:00 . Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar   |   09:00 . Dikenal Cerdas Sosok Prof Widodo di Mata Teman SMAnya   |   07:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hanya Rokok dengan Pita Cukai 2020 yang Naik, 2019 Tetap

blokbojonegoro.com | Monday, 13 January 2020 16:00

Hanya Rokok dengan Pita Cukai 2020 yang Naik, 2019 Tetap Foto ilustrasi: .net

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah resmi menaikkan harga rokok per 1 Januari 2020. Kenaikan harga rokok terjadi seiring penetapan kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23%. Dengan demikian, harga eceran juga ikut naik rata-rata sebesar 35%.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Kabupaten Bojonegoro, Iwan Nugroho menyebut tarif rokok baru sudah berlaku sejak awal tahun 2020. Akan tetapi hal tersebut berlaku untuk rokok yang berpita cukai tahun 2020 saja.

"Kalau untuk rokok dengan pita cukai tahun 2019 tidak ada kenaikan, harganya masih sama," kata Iwan Nugroho.

Pihak Beacukai juga memberi batas waktu pelekatan pita cukai yang telah dipesan dengan tarif lama (2019) paling lambat tanggal 1 Februari 2020. Sedangkan, batasan harga jual eceran (HJE) per batang atau gram untuk tiap jenis hasil tembakau baru mulai berlaku pada 1 Januari 2020.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146 Tahun 2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Beleid ini diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 18 Oktober dan diundangkan pada 21 Oktober.

"Kalau untuk perusahaan pasti juga memberi tahu kepada penjual, bahwa rokok dengan pita cukai tahun 2019 tidak ikut naik. Jika ada kenaikan terjadap rokok pita cukai tahun 2019 kita akan beri teguran pada perusahaan rokoknya," imbuhnya kepada blokBojonegoro.com.

Rencananya dalam waktu dekat, KPPBC Tipe Madya Pabean C Bojonegoro bakal melakukan monitoring terhadap perusahaan rokok di wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban. Tak hanya itu, kegiatan monitoring tersebut juga bakal menyasar toko rokok eceran baik toko modern maupun tradisional untuk memastikan Harga Eceran Jual (HEJ).

"Dengan kegiatan ini, diharapkan harga rokok yang dijual oleh penjual sesuai dengan harga yang tertera pada pita cukai, selain itu juga diharapkan masyarakat luas mengetahui kalau rokok yang legal adalah rokok yang telah dilekati pita cukai yang asli juga sesuai peruntukannya," pungkas pria yang akrab disapa Iwan tersebut.[din/ito]

 

Tag : Harga, Rokok, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat