15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Mon, 27 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dari Tunggak Jati, Pono Kini Sukses Raup 50 Juta per Bulan

blokbojonegoro.com | Monday, 10 February 2020 17:00

Dari Tunggak Jati, Pono Kini Sukses Raup 50 Juta per Bulan

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kayu jati merupakan material paling popular, dan dianggap berkelas, karena kuat, antirayap, dan mahal. Kayu jati berasal dari pohon jati yang diklasifikasikan dalam famili Verbenaceae. Jati hanya bisa tumbuh di iklim tropis.

Bisnis di sektor perhutanan seperti pohon jati memiliki potensi bisnis jangka panjang yang cukup menarik. Namun belum banyak yang berminat berbisnis di sektor ini lantaran tak punya informasi yang lengkap ke mana pohon-pohon penghasil kayu tersebut dijual bila sudah panen nanti.

Pono (48) warga Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon mengawali usaha kerajinan kayu jati erosi kini menjadi pengusaha sukses. Omset usahanya lebih dari Rp 50 juta per bulan.

Ketika blokBojonegoro.com bertandang ke rumahnya akar jati erosi yang tumpukan rapi terlihat di depan teras rumahnya. Di belakang rumah, suara mesin pemotong dan penghalus kayu menderu-deru seolah sedang berlomba.

Pegawainya silih berganti mengangkuti akar-akar jati untuk didekatkan mesin pemotong. Akar-akar tersebut terlihat seolah sedang menunggu giliran.

"Sudah hampir 10 tahun saya menggeluti produksi akar kayu jati ini, awalnya bingung mau bisnis apa, melihat potensi yang ada banyaknya tunggak kayu jati lalu saya berinisiatif untuk memanfaatkanya," ujar Pono.

Semua barang buatanya di pilih dari bahan akar kayu jati. Menurutnya, akar itu sangat keras, tak perlu dibentuk lagi, tinggal mengikuti bentuk asli akarnya saja lalu dihaluskan, sudah jadi bagus.

"Bentuk-bentuk akar itu beragam, kalau sedang nasib baik, bisa mendapatkan bentuk binatang. Bentuk itu banyak peminatnya dan harganya lumayan dibanding yang biasa", tambahnya.

Dari tahun ke tahun, bisnis kerajinan Pono berkembang. Sekarang ia menjual akar kayu jati yang sudah berbentuk meja konsul, kursi, jamur, dan souvenir.

Benda-benda itu masih setengah jadi, harganya dipatok mulai Rp 50.000 hingga RP 5 juta untuk ukuran besar.[her/ito]

Tag : kerajinan, akar, kayu, jati, ngambon, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat