18:00 . Perajin Batik Binaan EMCL Hadir di Pekan Batik Daerah, Omset Melonjak   |   17:00 . Kejari Bakal Kembali Periksa Pejabat Pemkab Bojonegoro Soal Mobil Siaga, Siapa Saja?   |   16:00 . Puluhan DU DI dan UMKM Semarakkan Job and Edu Fair SMK Negeri 1 Bojonegoro   |   15:00 . Tragis, 3 Sapi 1 Rumah di Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   13:00 . Perwakilan Peserta Pekan Batik dari Berbagai Daerah Ikuti Farm Trip Wisata Bojonegoro   |   09:00 . Lagi, 1 Tersangka Diseret Kejari Dalam Kasus Kredit Fiktif¬†Bank¬†Daerah Bojonegoro   |   18:00 . 1.935 Tenaga PPPK di Bojonegoro Terima SK   |   15:00 . Horeee....!!! 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun   |   13:00 . Puncak Kemarau di Bojonegoro Diprediksi Terjadi Juli hingga Agustus   |   12:00 . Antisipasi Puncak Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 300 Tangki Air Bersih   |   16:00 . Sambut Idul Adha, Yatim Mandiri Gelar Tarhib Qurban   |   15:00 . Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita   |   13:00 . Mau Berkurban, Berikut Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik   |   08:00 . Promosi Liga 2, Kedatangan Persibo Bojonegoro Disambut Ratusan Supporter   |   15:00 . Urai Persoalan LPG 3 Kg Langka, Komisi B DPRD Bojonegoro Rekom   |  
Wed, 12 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Usaha Ternak Kelinci yang Menggiurkan

blokbojonegoro.com | Monday, 10 February 2020 10:00

Usaha Ternak Kelinci yang Menggiurkan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Beternak kelinci merupakan salah satu usaha yang bisa dibilang menjanjikan, karena memiliki peluang keuntungan yang besar, jika ditekuni secara serius.

Seperi yang dilakukan Agus Jefri (34), peternak kelinci dari Desa Karangmangu Kecamtan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ini.

Ada 400 ekor kelinci pedaging yang saat ini dipelihara laki-laki 34 dipelihara Agus, jenisnya pun bermacam-macam.

"Saya punya jenis newzealand white dengan ciri bulu putih dan mata merah. Ada juga hycooll dengan ciri tubuh panjang dang bokong bulat, ada rex bulu putih bercorak hitam, hyla bulunya putih dan ada corak hitam kecoklatan di bagian hidungnya, flemish giant dengan ciri postur yang panjang dan berat dua kalilipat dari kelinci umumnya yang berbobot 8 hingga 10 kg," terang jefri.

Menurutnya untuk perawatan kelinci sebenarnya tidak sulit, cukup dengan membersihkan kandang minimal sehari sekali dan penyemprotan antiseptik pada kandang 2 kali sehari.

Sedangkan untuk pakan diberi dua kali satu hari yaitu pagi dan sore.

"Pakan cukup menggunakan pelet khusus kelinci dan rerumputan seperti kangkung," tambah Agus.

Setiap bulan Agus bisa menjual 50-an ekor kelinci, dengan harga yang menggiyurkan kisaran Rp250 hingga Rp500 ribu per ekor. Bahkan untuk jenis flemish giant bisa dijual Rp1 juta hingga Rp2 juta perekor.

"Saya gak takut kalau gak laku, pembelinya banyak tidak hanya lokal Bojonegoro, tapi dari Batu, Malang, Rembang dan Yogyakarta," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, untuk kotoran kelinci, Agus memanfaatkannya untuk pupuk, seperti air kencing kelinci diambil pelanggan dari Kabupaten Nganjuk untuk dibuat menyemprot bawang. [her/mu]

Tag : ternak, kelinci, usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat