07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seleksi Ujian Tulis Bakal Calon Kepala Desa

Demi Lolos, Bakal Calon Kepala Desa Bawa Jimat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 February 2020 12:00

Demi Lolos, Bakal Calon Kepala Desa Bawa Jimat

 

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjadi Kepala Desa nampaknya masih jadi impian banyak orang di Kabupaten Bojonegoro. Tak heran, banyak yang melakukan segala cara agar bisa lolos seleksi. Salah satunya dengan membawa jimat yang dianggap bisa mempermudah prosesnya.

Seperti yang dilakukan salah satu peserta seleksi ujian tulis Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang digelar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (5/2/2020).

Peserta seleksi yang tidak disebutkan namanya itu nekat membawa jimat saat akan masuk ke ruangan.

Salah satu panitia yang enggan disebutkan namanya ini mengatakan, sebelum peserta masuk ke ruangan, panitia secara ketat memeriksa terlebih dahulu barang bawaan para peserta dan tidak boleh membawa sesuatupun saat didalam ruangan. Bahkan, bolpoin pun juga sudah disediakan panitia. “Sebelum masuk ruangan peserta diperiksa terlebih dahulu. Saat digeledah, ternyata membawa bawaan berupa kertas putih yang didalamnya seperti sebuah bunga atau dedaunan,” katanya.

Barang bawaan yang dibawa peserta tersebut, langsung diamankan oleh panitia dan ditaruh dimeja depan ruangan. Setelah seleksi ujian tulis yang diikuti 54 peserta dari 8 desa 6 kecamatan tersebut nantinya selesai, barang yang dibawa peserta bisa dibawa kembali lagi.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro, Djuana Poerwiyanto menuturkan biasanya para peserta sengaja mencari orang ‘pintar’ agar saat tes dipermudah. Dal hal itu, menurut Djuana memang diperbolehkan, asalkan tidak menggangu perlaksanaan ujian ini.

"Selagi memang tidak menggangu berjalanya ujian ya ndak papa, tetapi dari kita melarang membawa suatu barang yang mencurigakaan kedalam ruangan ujian," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Pada peserta seleksi lainnya, lanjut mantan Camat Balen tersebut diharapkan tidak percaya dengan benda-benda tersebut. Sebab, jika ingin lolos seleksi ujian syarat utamanya harus belajar dan faham agar bisa mengisi soal dari ujian itu.

“Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan soal-soal yang diujikan," singkatnya.[din/ito]

 

Tag : Pilkades, serentak, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat