13:00 . Archipelago Food Festival Pertama Hadir di Kota Ledre   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Arti Pola Asuh Strict Parents Beserta 10 Tanda-tandanya   |   17:00 . Puluhan Medali Berhasil Dibawa Pulang Kontingen Bojonegoro   |   16:00 . Kemenag RI Terbitkan Panduan Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Kurban   |   14:00 . Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya   |   10:00 . Harga Daging Sapi Turun, Pedagang Malah Keluhkan Sepi Pembeli   |   09:00 . BPN Bojonegoro Gelar Acara Pisah Sambut Pejabat Administrator   |   08:00 . Dinkes Bojonegoro Bentuk Pelayanan PSC 119   |   20:00 . Cabor Horseback Archery Bojonegoro Tambah Satu Emas di Porprov Exhibition Jatim   |   19:00 . Mendag Zulhas: Dorong Produk UKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah   |   18:00 . Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Turnamen Sablon Cup III Kembali Digelar   |   17:00 . HUT AMPI Ke-44, Pengurus DPD AMPI Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   16:00 . Begini Cara Mendaftar MyPertamina dengan Ponsel   |   10:00 . Puskesmas Tanggapi Curhatan Warga di Instagram Terkait Penanganan Sang Kakek   |   09:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |  
Mon, 04 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sukseskan Pilkades, Polres Libatkan Da’i Kamtibmas

blokbojonegoro.com | Monday, 27 January 2020 16:00

Sukseskan Pilkades, Polres Libatkan Da’i Kamtibmas

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga di Kabupaten Bojonegoro tinggal menghitung hari. Sehingga seluruh elemen masyarakat, termasuk da'i Kamtibmas dilibatkan Polres Bojonegoro dalam mensukseskan pesta demokrasi yang ada di desa serentak menjelang.

Hal itu dilakukan melakukan melalui Forum Group Diskusi (FGD) yang dipimpin langsung Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, Senin (27/1/2020), bersama tokoh lintas agama se Kabupaten Bojonegoro. Serta diikuti oleh Kasat Binmas Polres Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro, KH. Alamul Huda, Dai Kamtibmas se Kabupaten Bojonegoro, Pendeta Romo Antonius Winunarta.

Dalam rangka menciptakan situasi keamanan agar tetap kondusif, jelang agenda pesta demokrasi, Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2020. Sehingga FGD tersebut mengambil tema 'Meningkatkan Peran serta Da'i Kamtibmas dan Ulama Kabupaten Bojonegoro Dalam Menciptakan Situasi Kamtibmas Yang Aman, Damai Dan Sejuk Guna Mensukseskan Pilkades Serentak Tahun 2020 Di Kabupaten Bojonegoro'.

Kapolres Bojonegoro, dalam sambutannya menyampaikan, menjelang Pilkades Serentak tahun 2020 di wilayah Kabupaten Bojonegoro yang diikuti 233 Desa,  agar para Da'i Kamtibmas dapat membantu tugas Polri dalam meminimalisir gangguan kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkades dan semoga pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2020 di wilayah Kabupaten Bojonegoro dapat berjalan lancar aman damai dan sejuk. Untuk itu, Kapolres berharap kepada para Dai Kamtibmas untuk membantu memberikan informasi - informasi apabila terjadi permasalahan yang ada di desa.

"Peran serta dari bapak-bapak sekalian sebagai Da’i Kamtibmas diharapkan bisa memberikan masukan-masukan positif kepada cakades dan pendukungnya, sehingga situasi yang ada di desa tetap adem," ucap Kapolres.

Sementara itu, masih menurut Kapolres Bojonegoro, terkait antisipasi terhadap bahaya curanmor di sekitar masjid pada waktu pelaksanaan sholat, sepeda motor yang kuncinya tidak dicabut pada saat di sawah, dihimbau agar para da'i kamtibmas juga aktif memberikan himbauan Kamtibmas.

Di tempat yang sama, sambutan Ketua FKUB Kabupaten Bojonegoro, KH. Alamul Huda, bahwa dengan adanya kegiatan FGD seperti Ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan Da'i Kamtibmas jajaran Polres Bojonegoro dalam menjaga stabilitas kamtibmas yang aman kondusif menjelang Pilkades Serentak Tahun 2020 di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Bojonegoro berpesan agar para Da'i Kamtibmas jajaran Polres Bojonegoro tidak terpovokasi berita berita hoax atau hate speech terkait Pilkades Serentak.

"Para kiai, ulama dan pendeta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Polres Bojonegoro sebagai ujung tombak memberi informasi kepada masyarakat, untuk itu kami harapkan dapat membantu kami dalam hal memberikan informasi informasi yang benar kepada masyarakat," pungkas Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan, kepada awak media ini di Mapolres Bojonegoro.


Dari kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) ini, menghasilkan kesepakatan bersama yakni :

1.  Menegaskan kembali bahwa NKRI adalah bentuk Negara yang sesuai dengan Islam yang Rahmatan Lil Allamiin dan Pancasila adalah Dasar Negara dan Falsafah Bangsa.

2. Mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk meningkatkan ketaqwaan, ukhuwah Islamiyah, Insaniah, dan wathoniyah menahan diri dari segala bentuk tindakan yang dapat menimbulkan konflik dan perpecahan selama Pilkades 2020 di Kabupaten Bojonegoro berlangsung.

3. Mengingatkan kembali, bahwa segala perbuatan provokativ dalam upaya memecah belah umat menyebar ghibah,  fitnah,  hoax dan ujaran kebencian merupakan dosa besar yang dilarang keras oleh agama,  sehingga umat beragama wajib menghindarinya.

4. Kedudukan Tokoh Agama sebagai panutan dan pemimpin di tengah tengah masyarakat memiliki peran strategis dalam upaya memperkokok sendi sendi Etika, Moral dan spiritual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

5. Menyampaikan pesan pesan Kamtibmas serta mensosialisasikan terhadap hasil Forum Grup Diskusi (FGD)  ini di berbagai forum secara berkelanjutan,  agar tercipta situasi kamtibmas yang aman,  damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Bojonegoro.


Tag : pilkades, bojonegoro, polres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat