18:00 . Berbaur dengan Warga, Pekerja Lapangan Banyu Urip Menjadi Relawan Kurban   |   11:00 . Jemaah Haji KBIHU ATTANWIR Tuntas Lontar Jumrah   |   10:00 . Cerita Jagal Kurban, Sehari Bisa 4 Tempat Hingga Sapi Pernah Kabur   |   08:00 . Idul Adha, Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Kebanjiran   |   20:00 . Cuaca Ekstrim, Jemaah Lontar Jumrah Sore Hari Saja   |   17:00 . Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah   |   15:00 . Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan   |   12:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Lawan Persebaya ???   |   11:00 . DPC PDI Perjuangan Bojonegoro Serahkan Hewan Qurban di 2 Masjid   |   10:00 . Dahului Pemerintah, Ratusan Warga Bojonegoro Ini Sudah Laksanakan Sholat Idul Adha   |   09:00 . Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan   |   07:00 . Ketua BPC HIPMI Bojonegoro Terpilih, Siap Perkuat Peran, Kolaborasi dan Pengembangan Ekraf Wirausaha Muda   |   20:00 . Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha Senin 17 Juni   |   19:00 . Hujan Deras di Bojonegoro Sebabkan Atap Rumah dan Pepohonan Roboh   |   17:00 . Lancar, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Selesai   |  
Wed, 19 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ciri Anak Stres karena Terlalu Lama #diRumahAja dan Cara Hadapinya

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 May 2020 07:00

Ciri Anak Stres karena Terlalu Lama #diRumahAja dan Cara Hadapinya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Segala aktivitas anak, mulai dari bermain hingga kegiatan belajar hingga saat ini harus dilakukan di rumah aja. Hal ini tentu tidak mudah bagi si kecil, apalagi sekarang dia tidak bisa bertemu dengan teman-temannya dan bersosialisasi di luar rumah.

Ya Moms, terlalu lama di rumah memang bisa membuat anak bosan. Bahkan, bagai beberapa anak, kondisi ini bisa berisiko menimbulkan stres.

Tapi sebelumnya, bagaimana cara mengetahui anak stres karena kondisi pandemi corona? 

Dalam acara Virtual Talk: Jaga Keharmonisan Keluarga selama di Rumah yang ditayangkan kumparan, Jumat (22/5), Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengatakan sebenarnya ada banyak bentuk atau gejala distress (stres yang menyebabkan perasaan negatif) pada anak. Misalnya saja pada anak balita, ia akan menjadi lebih rewel, gelisah, suka membangkang, sering menjerit-jerit, dan mudah tantrum. Sedangkan untuk anak di usia sekolah, mereka biasanya akan mengutarakan perasaannya dengan keluhan-keluhan yang dirasakan.

"Tapi belum tentu juga anak bisa menyampaikan itu (perasaannya). Ciri-ciri lainnya, bisa wajah mereka kusut, merajuk atau mudah ngambek, dan lain sebagainya. Selain itu, perubahan perilaku juga bisa menjadi tanda-tanda anak distress. Seperti anak ceria jadi tidak seceria biasanya," kata psikolog yang akrab disapa Nina itu. 

Lantas, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua saat menghadapi anak yang stres? 

Psikolog yang praktik di Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Depok, ini mengatakan bila anak sudah bisa diajak berkomunikasi, Anda bisa tanyakan alasan mereka menjadi cepat bersedih. Selain itu, untuk mengatasinya, Anda  bisa mengevaluasi rutinitas harian si kecil. Bila selama ini aktivitas anak tidak terjadwal, maka perbaiki rutinitasnya, mulai dari makan, hingga tidur. Sehingga, orang tua bisa tahu lebih mudah penyebab anak jadi rewel atau bersedih.

"Saya sarankan jangan langsung diberikan solusi atau nasihat pada anak, tapi lakukan dulu validasi emosi. Artinya anak harus mengakui dulu adanya emosi tersebut. Kalau sudah melakukan itu, anak akan merasa mudah dimengerti. Dan bila sudah terlihat lebih lega, baru deh dibicarakan solusinya, lalu ide-ide apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi distress-nya," tutup Nina. 

Dalam kesempatan yang sama, Momfluencer, Reinita Arlin juga berbagi tips agar anak tidak bosan dan stres selama di rumah. Ibu satu anak yang berprofesi sebagai dokter ini bercerita bahwa ia sudah menerapkan rutinitas harian pada anaknya yang berusia satu tahun. Selain itu, menurut Arlin, di momen seperti ini, ibu memang harus lebih kreatif untuk mencari permainan-permainan baru agar anak tidak cepat bosan. 

"Jadi kalau Audrianna (anaknya) bangun tidur aku pasti kasih stimulasi. Kalau aku prinsipnya tiga, fisik, emosional dan kognitif. Yaudah di tiga aspek itu aja aku ajak (main) muter-muter di situ. Kalau cari inspirasi main, di Google sebenarnya banyak, sama di Instagram itu banyak sekali loh ibu-ibu kreatif yang suka sharing. Jadi bisa dilihat juga dari situ," jelas Arlin. 

Jadi, sudah jelas ya, Moms, meski di rumah aja, anak harus tetap punya jadwal yang jelas setiap harinya. Selain itu, di momen seperti ini, sebagai orang tua, kita tampaknya memang harus lebih kreatif dalam mengajak anak bermain agar ia tidak cepat bosan dan stres. 

Nah, informasi lengkap seputar menjaga keharmonisan bersama anak selama #dirumah aja, juga bisa Anda saksikan dalam tayangan di bawah ini. 

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat