12:00 . Mendag: Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia   |   09:00 . Jum'at Berkah Roemantis: Razia Perut Lapar   |   07:00 . Cegah Anak Kecanduan Internet, Orangtua Wajib Jalankan 5 Peran Ini di Rumah   |   22:00 . Menkop dan UKM RI Sebut Vaksinasi Cara Cepat Pulihkan Perekonomian   |   21:00 . Aktif Tanangani Covid-19, Polres Dan Kodim Terima Penghargaan di HJB   |   20:00 . PKB Bakti untuk NU   |   19:00 . HSN dan Bakti NU, PKB Gelar Baksos di Baureno   |   18:00 . Sabtu, Muhammadiyah Gelar Vaksinasi di 8 Titik   |   17:00 . Kadin Bojonegoro Goes to Campus STAI At-Tanwir dan UNU Sunan Giri   |   16:00 . Jelang HSN, Bupati Buka Musabaqoh Qiro'atil Kutub Se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Bupati Bojonegoro Launching P2DD dan Pengundian Hadiah Bagi Wajib Pajak Panutan   |   14:00 . Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi, Sally Siap Fasilitasi Pelaku Usaha   |   13:00 . Wihadi Ingatkan Pentingnya Kesehatan┬ádan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi   |   12:00 . MA Abu Darrin Gunakan Aplikasi E-Vote untuk Pemilihan Ketua OSIS   |   10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |  
Fri, 22 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meski Kecewa Batal Berangkat, Calon Haji Pasrah

blokbojonegoro.com | Friday, 05 June 2020 17:00

Meski Kecewa Batal Berangkat, Calon Haji Pasrah

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Pembatalan keberangkatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 memang cukup berdampak pada Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Bojonegoro. Meski secara keseluruhan CJH mengaku ikhlas akan kegagalan atau penundaan keberangkatan haji tahun ini, namun adapula beberapa CJH yang merasa kecewa adanya pembatalan keberangkatan haji tertunda hingga tahun 2021 akibat wabah masa pandemi corona masih terjadi.

"Pastinya, kecewa dengan adanya pembatalan keberangkatan haji ini," kata Fatim salah satu CJH asal Desa Wedi, Kecamatan Kapas.

Fatim bercerita penundaan keberangkatan haji tahun ini memang sangat tidak diduga, pasalnya, dirinya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari. Bahkan dirinya sudah mempersiapkan mulai persiapan tasyakuran hingga membeli cenderamata.

"Untuk belanja cenderamata sudah belanja sejak jauh hari, maklum kita kan orang kampung, jadi bisa beli ya kita cicil," cakap Fatim kepada blokBojonegoro.com.

Lain halnya, CJH lain, Wijianto CJH asal Kecamatan Malo mengaku pasrah apa yang terjadi atas pembatalan keberangkatan haji tahun ini. Pasalnya, keputusan yang diambil oleh pemerintah pastinya sudah dipertimbangkan sebab akibatnya.

"Kita patuhi saja apa yang menjadi keputusan pemerintah demi kesehatan para CJH apalagi wabah virus corona juga masih mewabah," ungkapnya.

Masih kata Wijianto, walaupun ada penundaan keberangkatan, hendaknya diambil hikmahnya saja atas kejadian ini. "Mungkin ini keputusan tetbaik agar wabah virus corona tidak semakin meluas lagi," ucapnya.

Walaupun begitu, pihaknya dalam menyambut haji tahun ini dirinya sudah mempersiapkan segalanya. Namun dengan adanya wabah ini hingga saat ini pemerintah Arab Saudi juga belum membuka atau memberi kepastian untuk pelaksanaan haji sendiri.

"Saya terus ikuti perkembangan haji, meski di Madinah Pemerintah Arab sudah membuka, namun untik pelaksanaan haji belum ada kepastian," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Seperti diketahui, CJH Bojonegoro yang bakal berangkat ketanah suci tahun 2020 ada 1.361 jamaah yang dijadwalkan berangkat pada akhir Juni ini. Namun sayang dengan masih masa pandemi belum berakhir akhirnya dan Pemerintah Arab juga tengah menanggulangi wabah corona, sehingga pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama memutuskan Haji Tahun 2020 ini ditiadakan.[saf/ito]

Tag : haji, bojonegoro, cjh, pandemi, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat