22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |   21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:30 . Wahid Hasyim, Menteri Agama Pertama dan Termuda   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |   12:00 . Pohon Trembesi Jadi Saksi Ganasnya Bengawan Solo   |   11:00 . Jembatan KaRe Selesai Kapan?   |  
Tue, 30 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#TokohBojonegoro (10)

Endang Setyowati Kepala Sekolah Terbaik Nasional

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 June 2020 12:00

Endang Setyowati Kepala Sekolah Terbaik Nasional Foto: www.satuharapan.com

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Prestasi membanggakan, diraih oleh Endang Styowati, Kepala SMA Kristen 1 Penabur Jakarta, setelah meraih gelar Juara 1 Kepala SMA Berprestasi Tingkat Nasional pada Lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional, yang diselenggarakan pada  13, 14 dan 15 Agustus 2014 silam.

Endang Setyowati, salah satu tokoh asal Kota Migas, yang lahir di Bojonegoro, 9 September 1959. Pendidikannya, ditempuh dengan menyelesaikan pendidikan Teknik Kimia di Institut Keguruan dan iLlmu Pendidikan (IKIP) Jakrata yang sekarang menjadi Universitas Negeri Jakarata (UNJ), dan S2 dari Magister Manajemen Persekolahan di Universitas Kristen Krida Wacana.

[Baca juga: Susanto Pudjomartono, dari Wartawan Menjadi Dubes Rusia ]

Endang Setyowati, mulai karier di bidang pendidikan dengan menjadi  guru Laboratorium Kimia di SMAK 3 , SMAK 1, dan SMAK 2 Gunungsahari pada 1981. Kemudian, Endang mulai memangku jabatan kepala sekolah pada tahun 2000, di SMAK 7 Penabur, Cipinang, Jakarta Timur.

Raihan prestasi menjadi Kepala Sekolah Terbaik Nasional, didapatkan dalam lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional tahun 2014. Hal itu, didapatkan setelah menyajikan presentasi dengan topik“Meningkatkan Penilaian Hasil Kinerja Guru melalui Pendampingan Terpadu”.

Proses seleksi dalam lomba tersebut, mulai dari tingkat Kota Jawa Barat hingga Provinsi DKI Jakarta. Kemudian, di tingkat nasional, diikuti 33 Provinsi dengan menjalanai rangkaian test. Dari test tersebut, yag paling menantang adalah test materi bidang studi. Endang tidak tahu adanya test tersebut, sehingga tidak ada persiapan.

Dengan latar belakang pendidikannya di bidang Kimia, Endang melakukan upaya sebaik mungkin dalam lomba yang digelar selama 3 hari hingga malam tersebut. Selain menjaga kesehatan dan stamina, lomba berlangsung dengan banyak soal. Dirinya harus mampu membaca, menjawab dan memutuskan dengan cepat. Dalam lomba itu, Endang memberikan presentasi tentang Best Practice.

Dengan usahanya yang maksimal, Endang mampu meraih juara 1 Juara Kepala SMA Berprestasi Tingkat Nasional pada Lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional.

Bahkan, Endang juga mendapatkan anugerah Satyalancana Pendidikan, yang merupakan tanda kehormatan atas prestasi dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas profesionalnya. dari Presiden Joko Widodo.

Penyerahan Anugerah Satyalancana Pendidikan penghargaan ini, dilakukan saat puncak pringatan Hari Guru di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/11/2014), diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Mendikbud Anis Baswedan, dan Menag Lukman Hakim.

Pada tahun 2015,Dra. Endang Setyowati, M.M. menjadi pembicara dalam Edu Summit 2015 yang selenggarakan oleh Google, dengan tema "Bringing Real World Into 21st Century Classroom" pada Selasa (8/12/2015) di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl. Raya Jendral Sudirman, Pintu Satu I, Senayan, Jakarta Selatan.


Data diri:
Nama: Dra. Endang Setyowati, M.M
Tempat dan Tanggal Lahir: Bojonegoro, 19 September 1957
Suami:  Agustinus Titi

Pendidikan:
- Pendidikan Teknik Kimia IKIP Jakarta/ Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 1979-1982
- Magister Manajemen Persekolahan Universitas Kristen Krida Wacana, 2004-2007

Karir:
- Kepala SMAK 1 BPK Penabur, 2012
- Kepala SMAK BPK Penabur Kelapa Gading, Jakarta, 2009-2012
- Kepala SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Tangerang Selatan, 2007-2009
- Kepala SMAK 7 BPK Penabur, Kalimalang, Jakarta Timur, 2000-2007

Penghargaan:
- Juara Pertama Lomba Kepala Sekolah SMA Berprestasi Nasional, Agustus 2014
- Kepala Sekolah BPK Penabur Terbaik, 2005

Tag : endang, setyowati, bojonegoro, kepala smk, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more