19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lestarikan Populasi, 25 Ribu Ikan Ditebar di Bengawan Solo

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 July 2020 10:00

Lestarikan Populasi, 25 Ribu Ikan Ditebar di Bengawan Solo

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya untuk melestarikan populasi ikan di Sungai Bengawan Solo, sebanyak 25 ribu ekor bibit ikan Nila dan Tawes diterbar di bengawan turut Dukuh Kendal, Desa Kabalan Kecamatan Kanor, Rabu (8/7/2020).

Kegiatan ini menjadi rangkaian pembinaan kepada kelompok ternak dan perikanan yang berada di Kecamatan Kanor, Sumberrejo dan Balen.

Dengan ditebarkanya 25 ribu ekor ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah berharap bisa melestarikan pupulasi ikan di Bengawan Solo. Tak hanya itu, juga bisa mengangkat perekonomian masyarakat bantaran sungai bengawan solo, khususnya Desa Kabalan Kecamatan Kanor.

Kedepannya bupati menginginkan Desa Kabalan bisa menjadi sentra ikan tawar. Bahkan bisa membuat wisata dengan latar belakang sungai bengawan solo.

"Kalau bisa kedepannya dibuat wisata, bisa berbasis ikan bakar ataupun Wisata Solo River dan jangan membuat tempat wisata yang sudah ada seperti tempat foto atapun lainnya, harusnya bisa saling berkesinambungan," jelas Bupati Perempuan pertama Kabupaten Bojonegoro ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro, Catur Rahayu mengungkapkan, ditebarnya ribuan bibit nila dan tawes di sungai terpanjang di Pulau Jawa ini merupakan langkah untuk menjaga kelestarian ikan di sungai. Jenis ini dipilih untuk disebar lantaran dirasa lebih cepat berkembang biak dan juga cocok dengan kondisi di Bengawan Solo.

“Perkembangannya relatif cepat dibanding ikan lain dan juga ikan jenis ini lebih cocok dengan kondisi bengawan solo,” kata Catur Rahayu.

Hingga sampai saat ini Disnakan telah menebar bibit ikan sebanyak 805 ribu ekor di berbagai tempat yang ada di Bojonegoro, seperti Bengawan Solo, Embung dan Waduk, melaui proposal dan Musrembangdes.

Dengan pembinaan yang dilakukan oleh Disnakan, diharapkan turut memberi kontribusi ketahanan pangan di Bojonegoro, khususnya protein hewani, baik dari jenis daging, ternak, telur, perikanan maupun pengelolaanya. 

Tak hanya itu, perempuan yang akrab disapa Catur ini juga berpesan, nantinya kelompok yang dibina oleh Disnakan kedepanya bisa terus eksis dan berkelanjutan. "Jangan sampai menjadi kelompok 'Prok-Prok Asem', yang hanya membuat kelompok dan mengandalkan bantuan saja," tegasnya.

Kunjungan bupati tersebut, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan bunda Ana Mu'awannah kepada kelompok Peternak maupun Perikanan di 28 Kecamatan yang ada di Bojonegoro. Kegiatan ini dilakukan di desa-desa yang telah ditentukan dan diurutkan sesuai klaster kecamatan.

Sebelumnya, bupati juga menghadiri acara yang sama di Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kamis (2/7/2020) yang dihadiri oleh kelompok ternak dan perikanan dari tiga klaster, yaitu Kepohbaru, Baureno dan Kedungadem.

Sementara saat berkunjung ke Desa Kabalan, bupati melakukan serangkaian kegiatan. Seperti memberikan pengarahan terkait peternakan dan perikanan maupun potensi desa yang ada di Desa Kabalan. [din/mu]

Tag : ikan, bengawan, disnakan, perikanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat