09:00 . Diluncurkan, Ini Makna Logo Hari Jadi Bojonegoro ke-345   |   08:00 . Kerusuhan di Kanjuruhan, 127 Meninggal, Ini Kronologi Versi Penonton   |   17:00 . Cedera Smith Rowe, Arteta Menegaskan Arsenal Harus Membuat Keputusan   |   16:00 . Apa Kata Zodiakmu di Awal Bulan Oktober? Simak Ulasannya   |   13:00 . Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan   |   09:00 . Makin Turun, Harga Telur Ayam Rp23 Ribu Per Kilogram   |   22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 July 2020 11:00

Disnakkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menjelang Idul Adha 1441 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) bakal menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan tak hanya dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban saja, tapi juga di tempat pemotongan. Hal ini untuk memastikan daging hewan kurban itu layak dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu mengatakan, pemeriksaan dilakukan tidak hanya sebelum disembelih, melainkan sesudah disembelih juga dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah daging kurban layak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Tim ini yang akan menyebar untuk memeriksa hewan-hewan ke seluruh Bojonegoro,” jelasnya.

Tim yang diterjunkan, lanjut perempuan yang akrap disapa Yayuk tersebut, melakukan pemeriksaan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Sebab, untuk Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran berada ditengah pandemi covid-19.

"Pengawasan dari tim kita tentunya dengan protokol (kesehatan), kita sampaikan ke teman-teman juga agar hati-hati,” ujarnya.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga dilakukan di tempat pemotongan seperti rumah-rumah ibadah. Hewan kurban yang telah diperiksa dari lapak para pedagang juga bakal diberi tanda. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban yang kondisinya sehat.

“Kita ingin masyarakat tahu bahwa hewan ini sehat atau tidak sehat. Nah, yang sehat-sehat itu nanti yang akan kita beri tanda,” kata Yayuk.

Menurut dia, selama hewan ternak itu berasal dari Jawa Timur khususnya Bojonegoro, dipastikan terbebas dari penyakit antraks. Hewan kurban yang sehat juga bisa terlihat dari kondisi fisiknya seperti tidak cacat, tidak luka, tidak diare, serta kakinya tidak pincang. Kemudian, mata hewan itu juga terlihat bersinar bukan berair, serta kondisi cuping hidung lembab.

“Kalau (cuping hidung) kering itu bisa juga bukan karena sakit, mungkin baru didatangkan jadi dehidrasi. Tapi, kalau hewan yang sakit itu sudah kelihatan, bulunya kusam tidak klimis. Kalau hewan sehat itu klimis bulunya mengilat,” imbuhnya.

Ia pun berharap kepada para pedagang hewan kurban juga memperhatikan terhadap kesejahteraan hewan, dengan cara ditempatkan di tempat yang sejuk atau tidak dipanaskan dan kehujanan. Serta, diberikan makanan yang cukup dan tidak tersiksa saat berada di lapak penjualan. [din/mu]

Tag : kurban, hewan kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat