18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |   19:00 . Minggu 23 Juni 2024, CFD di Alun-alun Bojonegoro Diliburkan   |   17:00 . Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif   |   15:00 . Pilih Tinggalkan Kursi DPRD Bojonegoro, Mitroatin Siap Dampingi Anna Muawanah   |   13:00 . Jamaah Haji Asal Bojonegoro Meninggal Dunia Saat Towaf Ifadhoh   |   06:00 . Tradisi Mayu Cungkup Buyut Dalem, Lurah Kadipaten Serahkan Sirap   |   20:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Bappeda Bojonegoro Dicecar Kejari Soal Perencanaan Mobil Siaga   |   16:00 . Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kekeringan, 1 Desa Telah Minta Bantuan Air Bersih   |   14:00 . Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka   |   13:00 . Persibo vs Persebaya, Ribuan Suporter Bojonegoro Siap Away Gelora Bung Tomo   |  
Sat, 22 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 July 2020 16:00

Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pembangunan Jembatan Kanor - Rengel (KARE), penghubung antara Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Tuban belum bisa dibangun tahun ini. Pembangunan jembatan yang rencana akan dimulai pada pertengahan tahun 2020 tersebut, masih tersendat pembebasan lahan.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, Retno Wulandari mengatakan, pembangunan jembatan KARE tersebut membutuhkan lahan milik 23 warga Desa Semambung Kecamatan Kanor. Namun dari 23 lahan milik warga tersebut, masih ada 7 lahan milik warga yang belum berkenan untuk melepaskan.

"Saat ini kita masih tahap penyelesaian lahan tersebut," ujarnya, Minggu (12/7/2020).

Saat disinggung terkait kapan dimulainya pembangunan jembatan tersebut, dirinya belum bisa mengira-ngiranya lantaran masih fokus untuk menyelesaikan lahan tersebut. Sehingga, dipastikan pembangunan jembatan ini tidak bisa dilakukan pada tahun ini.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2020 sebenarnya mempunyai projek besar pembangunan 2 jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo, yaitu Jembatan Kanor - Rengel dan Jembatan Luwihaji (Kecamatan Ngraho) - Medalem (Kecamatan Kradenan, Blora).

Untuk pembangunan Jembatan Luwihaji - Medalem sendiri sudah mulai dibangun pada awal Bulan Juli tahun ini dan ditargetkan selesai pada November 2020. Jembatan Type Kelas A tersebut, mempunyai panjang 220 meter, luas jembatan 6 meter dengan setruktur rangka baja.

Terpisah, Kepala Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Neny Rachmawati menambahkan, dari 7 warganya yang belum melepaskan lahannya tersebut lantaran masih menunggu harga yang pas dan sesuai yang diinginkan. Selain itu, ada juga yang meminta menyisihkan sebagian lahannya untuk dibangun rumah untuk tempat tinggal.

"Untuk tanah yang terdampak di Desa Semambung kurang lebih sekitar 9.000 m², berarti masih ada kurang lebih sekitar 3.655 m² yang belum tertuntaskan," lanjut perempuan yang akrab disapa Neny ini.

Dirinya menjelaskan, Pemerintah Desa (Pemdes) sendiri tidak mempunyai wewenang terkait penuntasan pembebasan lahan. Pasalnya Pemdes Semambung dalam hal ini bertugas sebagai jembatan antara Pemerintah dan juga masyarakat setempat.

Ia pun berharap jika nantinya jembatan KARE beroperasi ke depannya, turut mengerek perekonomian masyarakat Semambung, khususnya. Sebab, dengan adanya jembatan penghubung antara Bojonegoro dan Tuban roda perokonomian masyarakat Semambung bisa berjalan lebih baik lagi.

"Harapan saya semoga jembatan KARE ini menjadi berkah untuk semuanya, khususnya warga Semambung," pungkasnya.[din/ito]

 

Tag : Jembatan, rengel, kanor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat