12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 July 2020 12:00

Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, yang jatuh pada akhir Juli nanti, akan berbeda dari biasanya karena masih mewabahnya virus Corona. Untuk itu, pelaksanaan kurban harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) mewajibkan masyarakat, penjual atau pedagang hewan kurban menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Ini menjadikan momen Idul Adha berbeda buat kita semua, sehingga semua penanganan yang diberikan juga berbeda. Tak hanya kesehatan hewan, namun pedagang dan kelayakan lokasi lapak untuk bertransaksi juga harus diperhatikan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakka) Kabupaten Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu.

Menurut dia, protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh setiap pedagang hewan kurban adalah menyediakan fasilitas cuci tangan dan seluruh pedagang harus selalu mengenakan masker, serta menggunakan sapu tangan.

"Penerapan physical distancing antara pedagang dan pembeli juga wajib diperhatikan," ujarnya.

Untuk memastikan hal tersebut, Disnakkan juga akan melakukan pengawasan dengan mendatangi lapak-lapak penjualan hewan kurban, sekaligus untuk melakukan pembinaan kepada para penjual hewan kurban yang ada di Bojonegoro.

Selain itu, Disnakkan Bojonegoro juga akan menerjunkan dokter hewan untuk memeriksa hewan-hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat di lapak-lapak tersebut. Untuk memastikan dan memeriksa kondisi hewan-hewan kurban agar sesuai dengan syariat islam, seperti halnya kondisi hewan yang sehat, seperti fisiknya tidak cacat dan juga cukup umurnya.

"Kalau tahun lalu biasanya kita dahului dengan bimbingan teknis penyembelihan hewan kurban, mengundang dari Tempat Pemotongan Ternak (TPT), Pengurus Masjid, dan pihak KUA, juga dari Kesra. Karena ini suasana pandemi, jadi kita nantinya akan langsung melakukan pengawasan, di tempat-tempat lapak penjualan hewan kurban," imbuhnya.

Ia juga berpesan guna mempertahankan populasi hewan agar tidak punah, Disnakkan Kabupaten Bojonegoro juga menekankan untuk hewan kurban yang akan disembelih kalau bisa harus berjenis kelamin jantan. Hal tersebut guna untuk mempertahankan populasi hewan yang ada.

"Pedagang atau penjual hewan kurban juga harus memperhatikan kesejahteraan hewannya, dengan cara ditempatkan di tempat yang sejuk atau tidak dipanaskan atau kehujanan, diberikan makanan yang cukup dan tidak tersiksa saat berada di lapak penjualan," imbuh Sugiharti Sri Rahayu. [din/col]

Tag : Kurban, hewan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat