08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Usia di Atas 20 Tahun Masih Bisa Tambah Tinggi? Begini Penjelasan Dokter!

blokbojonegoro.com | Monday, 12 October 2020 07:00

Usia di Atas 20 Tahun Masih Bisa Tambah Tinggi? Begini Penjelasan Dokter!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Memiliki tumbuh tinggi ideal merupakan dambaan banyak orang. Beberapa bahkan rela melakukan olahraga apa pun untuk merangsang agar tubuh meninggi.

Sayangnya secara ilmiah, tubuh manusia memiliki batas waktu untuk bisa bertambah tinggi.

Dikatakan dokter spesialis olahraga dr. Andhika Raspati Sp.KO, ada bagian tulang yang membuat tubuh manusia lebih tinggi yaitu epiphyseal plate.

"Seorang manusia bisa bertambah tinggi saat masa pertumbuhan karena dia punya epiphyseal plate. Bagian itu tumbuh dan memanjang sehingga membuat orang bisa bertambah tiggi," jelasnya dikutip dari tayangan IGTV @dhika.dr, Minggu (11/10/2020).

Sayangnya 'kemampuan' epiphyseal plate untuk membuat tubuh bertambah tingg memiliki batas waktu. Rata-rata saat manusia berusia 18 tahun bagian tersebut akan menutup sehingga pertumbuhan tulang juga ikut berhenti.

"Dan kala epiphyseal plate sudah menutup dia gak akan bisa buka tutup. Akan menutup selamanya. Bayangin kalau epiphyseal plate bisa buka tutup orang akan terus tumbuh tinggi seumur hidup," ucap dokter Dhika.

Menurutnya, jika epiphyseal plate tidak menutup hingga usia seseorang lebih dari 20 tahun, maka kemungkinan terjadi kelainan.

Sementara itu, ada pendapat yang mengatakan  seseorang bisa bertambah tinggi meski telah melewati usia pertumbuhan. Dari sisi medis, Dhika menjelaskan bahwa itu terjadi karena alat yang meregangkan struktur tulang belakang.

"Tulang belakang ada bagian yang elastis. Kalau diregangkan maka itu bisa tambah panjang tulang belakangnya, makanya tambah tinggi. Tapi dipakai jalan lagi pakai aktivitas ya lama-lama kena tekanan pendek lagi. Itu juga paling cuma beberapa senti (tambah tinggi)," katanya.

"Jadi teman-teman yang udah usia dia atas 18-20 tahun teorinya gak bisa lagi tinggi," pungkas dokter Dhika.

*Sumber: suara.com

Tag : kesehatan, tinggi badan, usia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat