19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |   13:00 . Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Ambles   |   12:00 . Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi   |   08:00 . Jembatan Kali Kening Penghubung Tuban-Bojonegoro Longsor   |   07:00 . 3 Tipe Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kamu Yang Mana?   |   18:00 . BPBD Bojonegoro Terjunkan Personel dan Berikan Sumbangan pada Korban Erupsi Semeru   |   17:00 . Hasil Banding, Persibo Tetap Dihukum Kalah Komdis Asprov PSSI Jatim   |   15:00 . Hasil Keputusan Komdis Hari Ini, Bupati Mohon Doa Warga Bojonegoro   |   14:00 . Berkas Permohonan Banding Persibo Diterima, Akan Disidangkan   |   12:00 . Berlangsung dengan Khidmad, Wisuda Unugiri Diikuti 471 Mahasiswa   |  
Mon, 06 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Semangat Seniman, Pemkab Bojonegoro Gelar Seni Budaya Secara Virtual

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 November 2020 15:00

Jaga Semangat Seniman, Pemkab Bojonegoro Gelar Seni Budaya Secara Virtual

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempersembakan Gelar Seni Budaya dan Promosi Wisata di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Minggu (8/11/2020). Pada pagelaran seni budaya ini, hadir Bupati Bojonegoro, Forkopimda Kabupaten Bojonegoro, Sekretaris Daerah, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro serta Sesepuh Samin Mbah Hardjo Kardi.

Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur Zainal Fanani, S.STP, M.A menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini merupakan upaya menjaga komitmen pelestarian seni budaya.

"Serta menjaga semangat para seniman Bojonegoro untuk terus aktif dan produktif," ungkapnya.



Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport Pemkab Bojonegoro dalam uri-uri budaya Jawa, khususnya Budaya Bojonegoro.

"Kita tetap mengadakan pagelaran ini untuk mendorong para seniman dan budayawan untuk tetap berkreasi. Jadi meski di tengah pandemi Covid-19 ini, kita harus bisa mencari inovasi-inovasi dalam menghasilkan karya-karya yang kreatif," kata Bupati Anna.

Acara tahunan Gelar Seni Budaya dan Promosi Wisata pada tahun ini mengusung tema “Greget Samin”. Para duta seni Kabupaten Bojonegoro menampilkan Tari “Tudhung Sesandur” dan Drama Tari dengan cerita “Greget Samin” yang merupakan khas Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang tahun lalu  digelar langsung di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta,  untuk saat ini dilakukan secara virtual dan disaksikan langsung di Taman Mini Indonesia Indah oleh Guyub Bojonegoro Sejabodetabek dan Paguyuban Warga Jakarta Asal Jawa Timur (PAWARTA) di Kantor Badan Penghubung Pemprov Jatim Anjungan Jatim TMII.

"Greget Samin" menunjukan keteguhan sikap masyarakat Samin dalam menjaga ajaran leluhurnya Ki Sura  “Sira aja drengki, srei, pek pinek barange liyan, omong sing waton, ora mung waton ngomong, jujur trokal lan narima”, menjadikan kelompok masyarakat Samin gigih dalam bela negara, cinta tanah air Indonesia, dengan menolak membayar pajak, yang membuat emosional Pemerintah Kolonial Belanda meningkat, untuk semakin menekan memaksa hingga menyiksa.

Biarpun dibentak dan disiksa, masyarakat Samin tetap setia pada ajaran Surasentika, dengan selalu menjawab “Apa Adanya”. Belanda tidak mampu memahami penalaran masyarakat Samin, dan pergilah Pemerintah Kolonial Belanda.

Tag : greget, samin, bojonegor, budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more