17:00 . Panen, Harga Gabah Turun   |   16:00 . Dua Pemuda Sukses Mewakili Bojonegoro di Ajang Pemuda Pelopor   |   14:00 . Meminimalisir Penyebaran¬† Covid-19, Petugas Gabungan Lakukan Penyemprotan Disinfektan¬†   |   13:00 . Tak Hanya Gabah, Harga Beras Juga Turun   |   12:00 . Pagu 26 SMA dan SMK di Bojonegoro Tak Terpenuhi   |   08:00 . Jebakan Tikus di Rengel Tuban Makan Korban   |   07:00 . Mitos, Ahli Buktikan Vaksin Covid-19 Tak Rusak Kualitas Sperma!   |   22:00 . Mantan Pemain Persibo Ditunjuk Arsiteki Persibo   |   21:00 . Diguyur Hujan, Tembakau di Sukosewu Tergenang Air dan Terancam Mati   |   19:00 . Bojonegoro Jadi Lokasi Produksi Film Nasional   |   18:00 . Dharmo Squad: Latihan Dua Minggu Raih Juara Thengul X HipHop Dance   |   17:00 . Pengakuan Nasabah Agar Aman Manfaatkan Pinjol   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro¬† Berikan Penyuluhan Pencegahan Perkawinan Usia Dini dan KDRT di Tambakrejo   |   15:00 . Resahkan Masyarakat, DPR RI Dukung Bareskrim Sikat Habis Pinjol Ilegal   |   14:00 . Medsos Heboh Kerikil Bisa Bergerak Sendiri di Temayang, Cek Faktanya...!   |  
Tue, 22 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bisakah Stres Membuatmu Sakit?

blokbojonegoro.com | Monday, 07 December 2020 07:00

Bisakah Stres Membuatmu Sakit?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Stres sudah menjadi bagian dari hidup yang tak bisa dihindari. Belum lagi pandemi virus corona yang membuat stres semakin meningkat.

Namun benarkah stres benar-benar bisa membuat kita sakit? Jawaban singkatnya adalah iya.

Stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, diantaranya:

- Kegelisahan
- Kualitas tidur yang buruk
- Lekas marah
- Sulit berkonsentrasi
- Kesulitan menyelesaikan pekerjaan
- Pilihan makanan yang buruk
- Mudah terjerumus obat-obatan terlarang dan alkohol berlebih

Terkait hal ini, Psikolog klinis Adam Borland, PsyD menjelaskan lebih lanjut.

Dr Borland mengatakan sejumlah stres dapat membantu kita tetap waspada.

“Mengalami kecemasan dan kekhawatiran dalam jumlah yang dapat dikelola, membantu mempersiapkan kita untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari,” kata Dr. Borland.

Memikirkan situasi yang membuat stres juga dapat membantu kita menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Karena, saat terus-menerus memikirkan masalah yang sedang kita hadapi, kita justru bisa melihat masalah dari perspektif lain.

“Tetapi kekhawatiran akan menjadi masalah ketika ia mulai memengaruhi kemampuan kita untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan atau perlu lakukan,” kata Dr. Borland.

Karena, ketika kekhawatiran mulai membuatmu tak bisa tidur, perasaan ini juga akan mendorongmu menenangkan diri dengan makanan manis atau alkohol. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada kesehatan.

Kekhawatiran jangka panjang juga dapat menimbulkan masalah di dalam tubuh yang bahkan mungkin tidak kamu ketahui.

Peran kortisol

"Ketika seseorang mengalami stres fisik atau emosional, sistem saraf simpatik tubuh aktif," kata Dr. Borland.

Ini menghasilkan apa yang disebut respons menghadapi atau menghindar. Dimana, tubuh akan bersiap untuk mempertahankan diri secara fisik dari ancaman, atau melarikan diri.

Kala kamu menghadapi hal ini, tubuh akan mengalami reaksi fisiologis seperti:

- Denyut jantung meningkat
- Nafas menjadi cepat
- Sesak napas
- Pusing
- Sakit kepala
- Mual
- Otot tegang

Salah satu alasan respons fisik ini adalah adanya pelepasan kortisol. Kortisol adalah hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk melepaskan glukosa, sejenis gula yang memberikan energi ke otot. Otot akan membutuhkan glukosa saat melawan atau lari dari ancaman.

Meskipun sebagian besar pemicu stres yang kerap dihadapi tidak selalu dibarengi dengan respon fisik seperti di atas, namun perasaan stres, seperti stres karena pekerjaan, akan membuatmu merasa ingin melarikan diri dari kantor.

Respon ini masih akan memicu pelepasan kortisol yang menghambat produksi insulin dan mempersempit arteri.

Begitu rasa stres berlalu, kadar kortisol biasanya kembali normal, dan tubuh akan pulih dari efeknya.

Tetapi ketika stres menjadi kronis, kadar kortisol tetap tinggi dan dalam jangka panjang, ini dapat berubah menjadi sejumlah masalah, termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah pencernaan kronis seperti sindrom iritasi usus besar.

Bagaimana cara mengendalikan stres

Kabar baiknya, kamu bisa menghindari masalah kesehatan yang terkait dengan kekhawatiran kronis dengan mempelajari cara mengelola stres.

Dr Borland menyarankan langkah-langkah berikut untuk membantumu mengatasi stres:

- Berolahraga secara rutin. Lakukan beberapa jenis latihan setiap hari, baik latihan kekuatan, latihan aerobik, atau hanya sekedar jalan-jalan.

- Berusaha rileks dan tarik napas dalam-dalam saat kecemasan datang. Ulangi kata-kata yang menenangkan atau bayangkan suasana yang tenang. Hal ini dapat dilatih dengan meditasi.

- Makan sehat, fokus pada diet seimbang. Selain itu, batasi asupan kafein dan gula, yang dapat membuatmu terjaga dan berkontribusi pada kecemasan dan insomnia.

- Tetap berhubungan dengan orang yang menyayangimu. Dapatkan dukungan dari pasangan atau orang penting lainnya, seperti, orang tua, saudara dan teman.

- Ikut serta dalam aktivitas yang menyenangkan dengan keluarga dan teman. Tersenyumlah, tertawa, dan lepaskan stres.

- Carilah aktivitas yang menenangkan dan kreatif. Cobalah melukis atau menggambar, berkebun atau memasak.

- Bersyukur. Berfokuslah pada apa yang sudah kamu capai dan syukurilah. Perhatikan apa yang membuatmu merasa bersyukur.

- Bicaralah dengan dokter dan, jika perlu, cari perawatan kesehatan mental profesional. Jangan ragu untuk menghubungi dokter, terutama jika kamu sedang menghadapi depresi atau kecemasan.

Khawatir adalah bagian dari hidup setiap orang, dan beberapa waktu belakangan bahkan telah membuat banyak orang stres.

Namun dengan mengambil langkah-langkah untuk mengelola stres secara proaktif, kamu dapat membantu memastikan bahwa kekhawatiran yang kamu rasakan sehari-hari, dengan tingkat ringan, tidak akan mengganggu kesehatan.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, stres

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more