09:00 . Polres Bojonegoro Gencarkan Sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2022   |   07:00 . Tanya Dokter Jiwa: Dok, Benarkah Depresi Terjadi karena Kurang Ibadah?   |   18:00 . Ada Kebocoran dan Perbaikan Saluran, PDAM Buka Dropping Air Bersih   |   17:00 . Ibadah Apa yang Dianjurkan Rasulullah di Malam Jumat?   |   16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |  
Fri, 07 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

FGD Melalui Rakor Asosiasi BKAD

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 December 2020 10:30

FGD Melalui Rakor Asosiasi BKAD

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Asosiasi Badan Kerjasa Antar Desa (BKAD) se-Kabupaten Bojonegoro (22-23/2/2020), dilaksanakan Forum Group Discusion (FGD).

Dalam sambutan Pengarahan di acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yasin menyampaikan, Dimana keberadaan UPK Eks PNPM-M.Pd sampai saat ini masih dibutuhkan oleh masyarakat luas dalam rangka peningkatan dan Pertumbuhan Ekonomi Partisipatif dimasyarakat yang mengelola Dana Bergulir Masyarakat (DBM), oleh karena itu keberadaannya perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan dari Pemda Kabupaten, Pemprov Jatim dan kemendes PDTT sebagai bentuk tanggung jawab pelestarian program.

[Baca juga: Dinas PMD Sinando Bersama PC Muslimat NU Bojonegoro ]

"Keberadaan UPK di perdesaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembangunan perdesaan yang ditujukan untuk tumbuhnya partisipasi masyarakat, keswadayaan dan kemandirian," tutur Yasin dalam acara yang digelar di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, lanjut Yasin, dengan memperkuat konektivitas antara masyarakat produktif dengan sektor lain yang bertujuan peningkatan SDM untuk mengembangkan usaha ekonomi perdesaan yaitu, menumbuhkan usaha ekonomi masyarakat Perdesaan, menggerakkan sector Riil, dan Peningkatan skala usaha mikro dengan dukungan pengembangan sumber daya manusia, sumber permodalan dan infrastruktur usaha, serta pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG).

"Agar UPK Eks PNPM-M.Pd lebih mudah dalam melestarikan dan mengembangkan Dana Bergulir Masyarakat (DBM) dimasa mendatang, maka harus segera bertransformasi menjadi (BUMDESMA) sehingga akan lebih mudah dalam menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, seperti PT. Pos, PT. Pertamina, Bank UMKM, Bank Jatim, dan lain-lain," papar Yasin.

Adapaun hasil dari FGD yang dilaksankan tersebut, dari 27 lembaga UPK Eks PNPM hanya 2 (dua) lembaga UPK eks PNPM yang telah bertransformasi menjadi BUM desma, kemudian 10 UPK eks PNPM menjadi PBH. Sedangkan sisanya masih menjadi UPK sambil menunggu Regulasi yang Sah dan yang jelas.

Tag : dinas, pmd, jatim, bojonegoro, rakir, bkad, upk eks pnpm-mpd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat