16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Reses Abdulloh Umar

FPKB Apresiasi Capaian Program Bupati Anna Mu'awanah Berjalan Cepat

blokbojonegoro.com | Friday, 29 January 2021 19:00

FPKB Apresiasi Capaian Program Bupati Anna Mu'awanah Berjalan Cepat

Reporter: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Reses dilakukan Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro, Abdulloh Umar di Balai Desa Pomahan Kecamatan Baureno, Jumat (29/1/2021), tak hanya jadi ajang silaturahim, tapi juga penjelasan program strategis Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Selain mengundang warga sekitar dan PAC PKB Kecamatan Baureno, acara yang menerapkan protokol Covid-19 secara ketat tersebut juga mengundang Kepala Desa Sekitar; Karang Dayu, Sembung Lor dan Banjaran.

Kepala Desa Pomahan, Khoirul Iiswati dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik reses Pak Abdulloh Umar PKB. Menurutnya, di tempatinya Desa Pomahan sebagai tempat reses merupakan kehormatan dan kebanggaan. 

"Reses ini jadi motivasi kami untuk meningkatkan kinerja. Dan kami berharap desa kami menjadi prioritas pembangunan kabupaten." Ucap Khoirul Iiswati.

Sementara Abdulloh Umar, dalam penjelasannya mengatakan, reses bukan saja ajang silaturahmi dan kumpul-kumpul saja. Tapi punya peran strategis. Terutama dalam merumuskan usulan program dalam Musrenbang tahun anggaran 2022.

Dalam acara tersebut, Umar menjelaskan tentang capaian-capaian Pemerintah Kabupaten Bojonegoro baik peningkatan infrastruktur maupun berbagai macam penghargaan, sekaligus program-program yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro tersebut menjelaskan, sampai dengan tahun 2020 sudah terbangun jalan sepanjang lebih dari 600 km, jembatan antar provinsi di  Kecamatan Ngraho, Pasar Banjarejo, Pasar Sroyo dan jalan pedesaan, puskesmas dan sarana-sarana yang lain sudah banyak terpenuhi.

"Pemerintah Kabupaten dalam pemenuhan janji politik, tujuh belas program pokok hampir semuanya sudah tersentuh secara merata," ungkap Umar.

Program-program itu seperti giat santunan kematian, santunan anak yatim, sakit menahun, santunan lansia, guru ngaji, modin perempuan, majelis taklim, peningkatan tunjangan gtt-ptt dan marbot musala dan masjid serta beasiswa dan lain sebagainya sudah berjalan.

Umar juga menjelaskan, di tahun 202 ini, Pemkab akan membangun Jalan poros Kabupaten seluas 190 km dengan alokasi anggaran Rp 900 M lebih. Sehingga secara umum total kondisi jalan kabupaten di tahun 2021 sudah baik dan mantap.

Pada 2021 pula, dianggarkan sebesar Rp 450 miliar melalui program BKD untuk 252 desa,  331 km jalan poros desa. Seluruh jalan, menurut Umar, akan diaspal dan dicor bethon. Tergantung kondisi alam dan geografisnya.



Selain itu, di tahun 2021 juga dialokasikan untuk pembangunan jembatan Kanor-Rengel (KaRe) senilai kurang lebih 97 milyar. Paraktis untuk pembangunan jalan dan jembatan di tahun 2021 ini dialokasikan anggaran 2 triliun lebih. Termasuk pembangunan jalan nasional sepanjang 10km senilai 83M. Harapannya di tahun 2023 seluruh jalan kabupaten dan jalan poros desa sepanjang 1449km tuntas mulus terbangun semua.

"Sementara untuk desa-desa yang belum dapat program infrastruktur tersebut, jangan berkecil hati. Semuanya pasti dapat, harap bersabar, hanya tinggal menunggu giliran. Karena program infrastruktur ini merupakan program prioritas bupati," ucapnya.

Menurut Umar, dalam waktu dekat pemkab juga akan dibangun PJU sebanyak 1053 titik. Pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 85 miliar untuk 3915 rumah tidak layak huni. Bahkan, Kartu Petani Mandiri (KPM) 2021 dianggarkan sebesar Rp 92 miliar untuk  503 kelompok tani.

"Artinya, Pemerintahan Bupati Anna Mu'awanah ini luar biasa program dan capaiannya," tegas politisi PKB tersebut.

Lebih jauh Umar menuturkan, khusus untuk di wilayah timur, pada 2022 nanti, sekarang sedang direncanakan pembuatan irigasi Kali Ingas. Anggarannya di atas Rp 50 miliar. Kali Ingas, menurut Umar, jadi sumber air sentral di Baureno. Ketika Kali Ingas dibangun, mampu tanggulangi banjir. Juga pembangunan Waduk Pejok di Kecamatan Kepohbaru untuk peningkatan produktifikan pertanian di 5 kecamatan. Termasuk Kepohbaru, Baureno, Kedungadem, Sumberrejo dan sekitarnya.

Umar menambahkan, Pemerintah juga akan merencanakan di tahun 2022 membangun jembatan wilayah timur. Selain jembatan Kanor - Rengel, Pemerintah juga akan membangun jembatan Baureno-Tuban. Tepatnya di Desa Kadungrejo Baureno dengan Desa Bandungrejo, Plumpang Tuban.

Di bidang pariwisata, Pemkab selalu menggali bermacam opsi agar tempat wisata tidak mati dan terus berkembang. Salah satunya di tempat-tempat wisata yang sudah ada di Bojonegoro. Pembuatan taman hijau juga terus digencarkan. Di tahun 2021 ini juga, akan dibangun Wisata religi termasuk masjid senilai 25M di Kecamatan Margomulyo.

"Dan dari penjabaran program-program tersebut, tugas dari FPKB adalah mengawal dan memastikan program pemerintah ini berjalan secara lancar dan terealisasi. Program-program pemerintah itu juga program dari FPKB," terang Umar.

Sebab menurut Umar, tugas FPKB memastikan bahwa seluruh program bisa terealisasi. FPKB punya peran sentral dalam pelaksanaan program tersebut bersama pemkab. Sebab sejatinya, Program FPKB adalah program Pemkab.

Dalam reses tersebut, ust. Moh. Adib salah satu peserta menyampaikan usulannya terkait dengan diperlukannya jalan usaha tani di wilayah tersebut sebagai salah satu kebutuhan infrastruktur pertanian guna untuk memudahkan akses bagi para petani untuk mengelola lahan pertaniannya. Di akhir sambutannya Abdulloh Umar, memohon doa dan dukungannya agar kita semua diberikan kesehatan, bupati dan segenap Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro juga demikian agar diberikan kekuatan dan kemudahan dalam melaksanakan program-programnya.

Tag : reses, komisi d, dprd, bojonegoro, Abdulloh Umar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat