13:00 . DLH Bojonegoro Minta EMCL Sosialisasi dan Utamakan Keselamatan Warga   |   12:00 . bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru   |   19:00 . Ini Alasan Pentingnya Vaksin Booster   |   18:00 . Menkominfo Imbau Masyarakat untuk Berperan Mencegah Kenaikan Kasus Covid-19   |   17:00 . Dandim 0813 dan Kapolres Bojonegoro Tinjau Lokasi Jebolnya Tanggul Kali Ingas   |   14:00 . Pulang Sekolah, 3 Pelajar Kecelakaan di Balen   |   13:00 . Cegah Varian Omicron, Tim Pamor Keris Bojonegoro Gelar Apel Pasukan   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Sambangi Petani Heroik H. Khoiri Di RSUD Sosodoro   |   11:00 . Bupati Cek Langsung Tanggul Sungai Jebol   |   10:00 . Video Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Jangan Lupa Bersihkan Pusar Setiap Kali Mandi, Ini Dampak Buruknya jika Tidak Dilakukan   |   21:00 . Ada Lelang Tanda Tangan Rp10 Juta Saat Pamit Kenal Camat Padangan   |   20:00 . Hari Gizi Nasional, MI Darul Ulum Gelar Lomba Mewarnai se-Karisidenan   |   18:00 . Tak Hanya Bupati, Dua Anggota Dewan Juga Tinjau Tanggul Jebol Kedungprimpen   |   16:00 . Setelah NU Banyuwangi dan Sidoarjo, Giliran Rijalul Ansor NU Bojonegoro Dukung Gus Muhaimin   |  
Tue, 25 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar

blokbojonegoro.com | Friday, 05 March 2021 07:00

30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa anak muda usia 18 hingga 30 tahun dilaporkan memiliki gejala kecanduan ponsel pintar atau smartphone. Studi ini dipimpin oleh para peneliti dari King's College London.

Melansir dari Independent, penelitian dilakukan terhadap 1.043 orang. Hasil studi menunjukkan bahwa 39 persen mengalami gejala kecanduan smartphone. Mereka memiliki gejala seperti kehilangan kendali seberapa menggunakan ponsel, tertekan ketika mereka tidak dapat mengakses ponsel, dan mengabaikan area lain di dunia nyata ketika bermain ponsel.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga pecandu smartphone mengalami kesulitan tidur. Dalam hal ini, berikut saran untuk menghentikan atau mencegah kecanduan smartphone, antara lain:

1. Buat Ponsel Jadi Hitam Putih atau Abu-abu

Tanpa warna atau menggunakan tema monokrom tak akan mengubah fungsi ponsel. Namun bisa merangsang otak Anda untuk tak terlalu tertarik dengan ponsel.

"Ubah ponsel Anda ke skala abu-abu dan matikan juga semua notifikasi," ujar Pamela Roberts, psikoterapis Biarawan dari priorygroup.com.

"Menguras warna dari ponsel cerdas Anda akan membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi daya tarik ponsel bagi mata Anda," catat Roberts.

2. Tinggalkan ponsel Anda di Rumah

Baik saat Anda berjalan-jalan setiap hari untuk mencari udara segar atau perjalanan Anda ke supermarket, Roberts menyarankan untuk sesekali meninggalkan ponsel secara fisik di rumah.

3. Ubah wallpaper layar kunci Anda

Layar kunci Anda dapat bertindak sebagai pencegah penggunaan ponsel berlebih. "Anda dapat mencoba memasang berbagai layar kunci pengingat dan lain sebagainya," kata Roberts.

"Pesan semacam ini akan mengingatkan Anda bahwa Anda tidak ingin waktu Anda hilang tanpa henti saat menatap media sosial."

4. Jauhkan dari pandangan

Saat Anda bekerja atau belajar, coba jauhkan ponsel dari pandangan Anda.

"Cobalah dan ciptakan pembagian waktu antara Anda dan perangkat Anda," kata Dr Rachael Kent yang merupakan dosen Ekonomi Digital dan Pendidikan Masyarakat di King’s College London dari drdigitalhealth.co.uk.

"Menaruhnya di laci atau ruangan lain dapat menghentikan Anda dari siklus kompulsif penggunaan ponsel," imbuhnya.

5. Prioritaskan pakai ponsel saat ada alasan

Daripada membuka kunci layar Anda untuk memeriksa Instagram, Kent mengatakan bahwa Anda harus secara sadar menunggu sampai Anda memiliki alasan yang untuk mengakses ponsel Anda seperti mengirim email penting atau mengangkat telepon.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 25 January 2022 12:00

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru Setelah membuka donasi 'Peduli untuk Mahameru' sejak Senin (6/12/2021) lalu, blokBojonegoro.com (bB) menyalurkan hasil donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (25/1/2022)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat