18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |   08:00 . Musnahkan Barang Bukti dan Lelang   |   07:00 . Ketahui 5 Tanda ASI Kekurangan Nutrisi, Bisa Berdampak pada Kesehatan Bayi   |   20:00 . KPA: 2030 Indonesia Target Akhiri AIDS Sesuai Visi SDG's   |   19:00 . Inilah Istimewanya Bendungan Gongseng   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sinau Bareng Mensesneg RI, Siapkan Pendidikan Bojonegoro Masa Depan

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 March 2021 11:00

Sinau Bareng Mensesneg RI, Siapkan Pendidikan Bojonegoro Masa Depan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pendidikan merupakan sebuah aset masa depan, apabila ingin menengok masa depan suatu bangsa maka tengoklah pendidikannya. Apa yang telah diraih oleh suatu bangsa merupakan hasil pendidikan di masa lalu.

Perubahan dunia yang sangat cepat, Revolusi Industri 4.0 dengan teknologi, informasi dan komunikasi telah merubah dunia dengan sangat pesat.  Seperti pada momentumnya, Revolusi Industri 4.0 ini semakin gencar saat manusia harus mengurangi kontak fisik dengan yang lain, dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai solusinya.

Berkaca dari sebuah problematika tersebut, Dewan Pendidikan Kabupaten Bojonegoro perlu mengadakan acara yang membangun dan mengarahkan kepada insan pendidikan, di antaranya mengemas agenda virtual Sinau Bareng Mensesneg RI, guna menyiapkan pendidikan Bojonegoro di masa depan.

Dalam virtual, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah menyampaikan, SDN Dolokgede yang baru diresmikan bersama Menteri Sekretaris Negara, merupakan sebuah terobosan sekolah yang sangat modern. Di mana terdapat talent-talent pendidikan yang sangat luar biasa.

"SDN masa kecil Mensesneg yang baru saja kami resmikan merupakan sebuah terobosan sekolah modern di Bojonegoro, terlebih untuk membangun talent pendidikan," ungkap Bupati Anna.

Dari data peta Angka Harapan Sekolah (AHS) hampir 95%, baik tingkat SD maupun MI. Sementara tingkat SLTA di tahun 2018 menyentuh angka 80,20%, dan di tahun 2020 sebanyak 90,14 %. Seiring perkembangan digital AHS di tahun 2021 merosot sebanyak 3%.

"Namun ada beberapa kecamatan yang memang terdapat AHS di bawah 50% dalam data peta," tambah Bu Anna.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, perlu membuat peraturan daerah (Perda) guna mengakomodir undang-undang pendidikan umum maupun pondok pesantren yang menjadi pilihan warga.

"Kami berupaya mengatur Perda, guna mengetahui pilihan masyarakat pendidikan umum ataukah pesantren," ucapnya.

Sementara itu, di tahun 2020 pemerintah bersama Dinas Pendidikan terkait berupaya memberikan beasiswa pendidikan tinggikepada putra daerah. Di antaranya, beasiswa satu desa dua sarjana hingga scientis.

"Hal ini kami lakukan mendukung pendidikan putra daerah di Bojonegoro, guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkompeten. Harapan kami juga terus akan berlanjut dan tuntas di 2023," pungkasnya.

Mensesneg RI, Prof. Dr. Pratikno, M. Soc. Sc. menjelaskan, menyiapkan pendidikan Bojonegoro Masa Depan, bisa dilakukan dengan metode membangun ruang kelas dan ruang belajar pada masa depan yang kreatif, kolaboratif, serta berbasis pengalaman dan didukung teknologi/dugital, tetapi aman dan inklusif.

"Aman dan inklusif di sini adalah fasilitas darurat/tanggap bencana, bebas kerusakan. Fasilitas ramah disabilitas, dan lingkungan bebas perundungan/diskriminasi," ulas Mensesneg.

Sedangkan didukung teknologi, Mensesneg mencontohkan dengan adanya SDN Dolokgede yang beberapa waktu diresmikan. Yakni kelas digital dengan akses internet, komputer untuk setiap anak, akses pembelajaran daring. "Serta perangkat kolaborasi daring yang memungkinkan pembelajaran sesuai kecepatan masing-masing dan meniru skenario kerja nyata," tambahnya. [liz/ito]

Tag : sinau, bareng, mensesneg, ri, sdn, dolokgede, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more