23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penanganan Tingkatan Terkecil Efektif Mencegah Penularan

blokbojonegoro.com | Sunday, 14 March 2021 14:00

Penanganan Tingkatan Terkecil Efektif Mencegah Penularan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tingkat desa dan kelurahan telah diperpanjang hingga 2 pekan kedepan. Dalam masa ini Pos komando (posko) tingkat desa dan kelurahan memiliki peran dalam meningkatkan kualitas penanganan pandemi Covid-19 di tingkatan terkecil.

Satgas Penanganan Covid-19 telah melakukan rapat koordinasi bersama posko se-Indonesia secara berkala mingguan. "Sebagai bentuk koordinasi dan komunikasi antara pusat dan daerah," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia.

Dari hasil koordinasi dan komunikasi tersebut, ada 4 kelurahan yang dapat dijadikan teladan dan melakukan inovasi dalam penanganan pandemi Covid-19. Yakni Kelurahan Pasar Miinggu di Jakarta Selatan (DKI Jakarta), Kelurahan Mukti Sari di Kota Banjar (Jawa Barat), Kelurahan Wirokerten di Kota Bantuk (DI Yogyakarta) dan Kelurahan Joglo di Jakarta Barat (DKI Jakarta).

Di kelurahan Pasar Minggu, inovasi yang dilakukan ialah mengelompokkan rumah per rumah berdasarkan data yang diberikan dinas kesehatan setempat, diteruskan ke Satgas tingkat RT/RW. Dan hasilnya, ada 89 RT yang berada di zona hijau, dan 21 RT di zona kuning, dan tanpa zona oranye dan merah.

Kelurahan Pasar Minggu mengedepankan aspek pencegahan dengan melibatkan tokoh agama, dan tokoh masyarakat, monitoring rutin protokol kesehatan di rumah ibadah. Edukasi bersama 3 pilar diantaranya lurah, Babinsa serta Babinkamtibmas kepada RT, RW, Satpol PP, PKK, dasawisma dan Karang Taruna. Juga melakukan pemulihan dampak ekonomi dengan pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat.

"Untuk pasien yang melakukan isolasi mandiri menjadi fokus dengan memberikan makanan yang meningkatkan imunitas dan asupan gizi," tambahnya.

Di Kelurahan Muktisari berfokus pada penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan mengidentifikasi kontak erat. Hal ini agar penanganan pasien Covid-19 dilakukan sejak dini. Kelurahan ini juga memfokuskan pencatatan dan pelaporan kasus yang baik denagn dukungan sarana dan prasarana  komunikasi yang dibutuhkan. Seperti internet, telefeon seluler, laptop, radio komunikasi, alat tulis kantor dan formulir pencatatan pelaporan.

Lalu, di Kelurahan Wirokerten, 63 RT zona hijau, 3 RT zona kuning, 1 RT zona oranye dan tidak memiliki zona merah. Kelurahan ini memfokuskan pembinaan penanganan Covid-19 kepada ketua RT, LPMK, kaum rohis, PKK, tokoh masyarakat. Dan masing-masing unsur akan mengedukasi masyarakat sesuai karakteristik daerahnya.

"Kelurahan ini melakukan komunikasi berjenjang, mulai tingkat RT/RW, dusun, dan kelurahan. Sehingga informasi dapat menyebar secara merata dan menyeluruh," lanjut Wiku.

Lalu di Kelurahan Joglo, ada 80 RT zona hijau, 36 RT zona kuning,  dan tidak ada RT zona merah dan oranye. Kelurahan ini membuat surat edaran yang menutup pasar minggu pagi untuk menghindari kerumunan. Dan membentuk kampung Tangguh Jaya bersama 3 pilar termasuk juru pembasi jentik nyamuk (jumantik).

Wiku menambahkan, penanganan Covid-19 hingga ke tingkat tekecil seperti itu efektif dalam meningkatkan kualitas penanganan. Dan hal ini berdampak dalam menekan penularan dan penanganan pasien sejak dini. Dan adanya perpanjangan PPKM hingga 2 Minggu kedepan akan diharapkan posko-posko meningkatkan kualitas penanganan.

Tag : ingat pesan ibu, pakai masker, covid 19, virus corona, satgas covid 19, lawan covid 19, lawan corona, satgas, pembatasan kegiatan, vaksin, jatah vaksin bojonegoro, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, vaksinasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat