17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |   13:00 . Abdullah Umar: Gedung Baru DPRD Upaya Optimalisasi Pelaksanaan Tugas   |   12:00 . Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Gedung DPRD Bojonegoro   |   08:00 . Sediakan TPS Khusus untuk Sampah Pasar, Malah Dirusuhi Warga Luar   |   21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |  
Fri, 03 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tolak Masjid jadi Yayasan, Warga Margomulyo Datangi Balai Desa

blokbojonegoro.com | Thursday, 17 June 2021 14:00

Tolak Masjid jadi Yayasan, Warga Margomulyo Datangi Balai Desa

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com – Warga Dusun Medayun, Desa Margomulyo Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mendatangai Balai Desa Margomulyo untuk mempertanyakan kejelasan status Masjid Sabilul Muttaqin yang menjadi konflik karena diperebutkan oleh warga dan pihak yang mengaku ahli waris yang memiliki hak atas masjid.

Mengetahui ada petugas dari BPN Bojonegoro datang ke balai desa, secara spontan warga Desa Margomulyo mendatangi balai desa untuk melakukan aksi penolakan atas perubahan status masjid, Kamis (17/06/2021) siang.

Warga yang melakukan aksi damai dengan bersalawat dan orasi dengan tegas menolak Masjid Sabilul Muttaqin menjadi sebuah yayasan.

Terhitung 4 bulan belakangan ini Masjid Sabilul Muttaqin yang berada di Desa Margomulyo menjadi rebutan 2 pihak dan terjadi konflik antara warga desa dan pihak yang mengajukan Masjid Sabilul Muttaqin statusnya menjadi milik yayasan, yang saat ini dalam pengajuan ke Badan Pertanahan Negara.

Menurut salah satu warga yang ikut mendatangi balai desa, Sueb (50) menyampaikan bahwa warga Margomulyo tidak menginginkan perubahan status apapun terkait masjid Sabilul Muttaqin. "Kami tidak tahu sejarahnya dulu bagaimana, yang pasti dan yang kami tahu, masjid itu sudah diwakafkan dan berstatus Tanah Negara (TN)," ungkapnya.

Karena melihat kedatangan petugas BPN ke balai desa, warga mengira akan ada proses peralihan status masjid, makanya kami semua beramai ramai mendatangi balai desa untuk meminta kejelasan.

“Sudah biar seperti itu, tidak usah dijadikan yayasan, masjid itu untuk umum," teriak salah satu warga dalam aksinya.

Terpisah, Budi Sasmito selaku pengurus takmir masjid menerangkan bahwa pihak takmir tidak pernah diajak rembukan oleh siapapun dan pihak manapun terkait rencana masjid yang akan dijadikan yayasan. "Oleh sebab itu warga bereaksi spontan mendatangi Balai desa untuk menuntut kejelasan," jelas Budi.

Kepala Margomulyo, Arif Rohman menyampaikan bahwa kedatangan pihak BPN ke balai desa untuk menggali data dan koordinasi karena ada pengajuan dari pemohon dan surat keberatan dari warga terkait status Masjid. "Jadi bukan untuk memproses perubahan status masjid," jelas Arif Rohman.

Aksi warga menolak masjid menjadi pengusaan pihak lain (yayasan) dengan meluruk Balai Desa dikawal oleh petugas keamanan dari Polsek dan Koramil Balen. Aksi damai warga berjalan singkat dan dengan tertib membubarkan diri dengan pengawalan pihak keamanan. [riz/ito]

Tag : medayun, margomulyo, balen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more