13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Teknologi saat Pandemi, Sidang Skripsi Bisa Daring

blokbojonegoro.com | Friday, 13 August 2021 15:00

Manfaatkan Teknologi saat Pandemi, Sidang Skripsi Bisa Daring

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Ujian skripsi diadakan sebagai syarat kelulusan mahasiswa dalam menempuh study pada strata-1 atau biasa disebut S-1, baik itu di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Skripsi bisa dibilang tantangan terakhir sebelum mahasiswa menyandang gelar sarjana.

Meski pandemi covid-19 belum berakhir, mau tidak mau sidang skripsi harus tetap dilaksanakan. Seperti halnya Kampus IKIP PGRI Bojonegoro Jawa Timur yang melaksanakan sidang skripsi secara daring.

Ali Mujahidin selaku Wakil Rektor 1 sekaligus penanggung jawab  Bidang Akademik dan Kerja sama mengungkapkan, salah satu profil lulusan IKIP adalah sebagai peneliti di bidang masing-masing dan pada sidang skripsi inilah para mahasiswa diuji atas apa yang telah mereka kerjakan.

"Diperkuliahan mereka mendapatkan teori dan pada saat inilah mereka praktik dalam penelitian tersebut hingga mencapai titik puncak ujian skripsi," ungkap Ali Mujahidin Wakil Rektor 1.

Ujian skripsi 2021 ini dilaksanakan secara daring sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan ini baru pertama kali IKIP melaksanakan Sidang Skripsi secara daring.

"Untuk mendukung program pemerintah dalam melaksanakan PPKM jadi sidang skripsi dilaksanakan secara daring, sehingga dosen menguji dari rumah dan mahasiswa diuji dari rumah tidak ada aktivitas berkerumun," jelasnya.

Ali Mujahidin menambahkan, dalam hal ini masih efektif luring (tatap muka), namun mau tidak mau harus dilaksanakan secara daring dan tentunya pasti ada kendala seperti jaringan mahasiswa dan itu bisa diatasi oleh panitia dan tim IT yg memfasilitasi dalam insfrastruktur jaringan.

"Jadi kita sudah persiapkan berbagai macam estimasi kendala dan solusinya, dan itu sudah kita sampaikan kepada tim IT sebelum pelaksanaan ujian. Alhamdulillah sampai saat ini ujian berjalan dengan lancar dan sudah sesuai SOP yang telah disusun," imbuhnya.

Budi Suriyanto, mahasiswa semester akhir dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Prodi Ekonomi mengatakan, awalnya ia gugup saat akan sidang daring, namun waktu sidang berlangsung ternyata tidak seperti apa yang dibayangkan sebelumnya.

"Awalnya saya gugup dan ternyata tidak seperti yang saya kira. Berkat saya bersungguh-sungguh memahami apa yang sudah saya kerjakan akhirnya saya mampu menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh dosen penguji," tandas Budi mahasiswa asal Kedungadem ini.

Sedangkan Isna Choirun Nisa' Azzahro' mahasiswi semester akhir dari Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Prodi Matematika juga mengungkapkan, sidang skripsi dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom dengan waktu 45 menit, namun ia berhasil menjawab dan menyelesaikan dalam kurun waktu kurang dari 30 menit.

"Awalnya saya canggung namun ketika sidang dimulai saya berusaha tenang dan alhamdulillah saya mampu melewatinya dengan lancar dengan waktu kurang dari 30 menit sudah selesai", tutur Isna mahasiswi asal Temayang dengan hati gembira.

Perasaan senang pasti yang dirasakan seluruh mahasiswa-mahasiswi yang selesai melaksanakan sidang skripsi. Begitu juga yang diarasakan oleh Isna, haru bercampur pilu karena sudah melewati proses demi proses selama ini hingga ia bisa meraih gelar S.Pd. sebentar lagi.

"Sebaik-baiknya skripsi adalah skripsi yang selesai dan alhamdulillah saya mampu melewati gerbang demi gerbang demi meraih gelar S.Pd, seneng banget plong rasanya dari perjuangan akhirnya sudah usai", tambahnya. [mu]

Tag : ikip pgri bojonegoro, sidang skripsi , sidang skripsi mahasiswa, mahasiswa ikip pgri bojonegoro, kampus di bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat