16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 October 2021 07:00

Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Lingkungan hijau di sekitar rumah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental anak. Hal ini dibuktikan lewat studi yang terbit dalam Pediatrics, di mana data dari 300 penelitian sebelumnya menyebutkan, lingkungan hijau di sekitar rumah dan sekolah sangat bermanfaat bagi anak.

Mengutip dari Healthshots, beberapa data meneliti efek anak-anak dari komunitas terpinggirkan, yang menunjukkan ada manfaat dari paparan alam yang lebih nyata buat mereka.

"Dengan melihat cakupan penuh dari bukti kuantitatif yang ada, kami melihat betapa pentingnya akses ke alam untuk kesehatan fisik dan mental anak," ungkap penulis studi utama Amber Fyfe-Johnson, sekaligus Profesor di WSU’s Institute for Research and Education to Advance Community Health (IREACH).

Amber menambahkan, "Akses ke alam dan manfaat yang menyertainya, merupakan sebuah kebutuhan, bukan kesenangan. Sayangnya tidak semua anak dapat melakukan kontak dengan alam secara teratur."

"Hal ini sebagian disebabkan oleh urbanisasi, peningkatan waktu menatap layar, dan gaya hidup dalam ruangan yang lebih banyak duduk," lanjut Amber.

Meski temuan ini mungkin belum jelas bagi sebagian orang, namun American Academy Of Pediatrics merekomendasikan waktu bermain di luar ruangan bagi anak. Sebab data meyakinkan, ada manfaat kesehatan tak terbantahkan jika anak terkena paparan alam secara langsung.

Di samping itu, menurut Profesor di Seattle Children’s Research Institute Tandon, informasi mengenai manfaat paparan alam bagi anak ini dapat menjadi bentuk dukungan bagi penyedia layanan kesehatan anak serta pembuat kebijakan. Salah satunya mempromosikan manfaat bermain di alam sebagai tempat mereka tinggal, bermain, sekaligus belajar.

Selain itu, menurut Amber Fyfe-Johnson, bukti sebelumnya menunjukkan kontak dengan alam dan ruang hijau, dapat bermanfaat bagi kesehatan yang lebih besar. Terutama bagi sebagian populasi yang kurang beruntung untuk menangkal beberapa efek racun dari kemiskinan.

"Kami berharap pekerjaan kami akan membantu peningkatan akses alam dan hasil kesehatan untuk anak-anak, selain mengurangi kesenjangan kesehatan di masa anak-anak," pungkas Amber.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat