15:00 . LPPM Unigoro Sebut Suhu di Bojonegoro dan Sekitarnya Meningkat   |   14:00 . Pasca Libur Lebaran, Tren Jual Emas Meningkat   |   12:00 . Bupati Anna Secara Daring Buka Pra Pekan Porprov Jawa Timur VII   |   11:00 . Memimpin Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Mendag Lutfi: Waktunya Manfaatkan dan Meningkatkan Relevansi ASEAN   |   08:00 . Jadi Tuan Rumah Pra Porprov Silat, Bojonegoro langsung Lolos   |   07:00 . Benarkah Anak dengan Pola Makan Vegetarian Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Non-vegetarian?   |   21:00 . Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan   |   20:00 . Sinergitas Pelaku UKM di Bojonegoro Kompak Ikuti Halal Bihalal   |   19:00 . Mendag Lutfi Menggelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali, Ada Apa?   |   18:00 . Hari Buku Nasional, PEPC JTB Luncurkan Buku Tentang Sukses Pendampingan BUMDes   |   17:00 . Kemenag Bojonegoro Update 72 Data Lembaga Ponpes Secara Gratis   |   16:00 . Syarat Mutlak Penentu Kelulusan, Warga Belajar Kesetaraan Harus Ikuti UPK   |   15:00 . Bantuan Pembangunan dan Rehab Masjid-Musala, Baru Ada 3 Pengajuan   |   14:00 . PLN Akan Tertibkan Pengguna Listrik Daya 450 VA   |   13:00 . Ramai Wabah PMK, Penjualan Daging Sapi di Pasar Tradisional Tetap Stabil   |  
Fri, 20 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 October 2021 07:00

Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Cegukan pada bayi adalah hal yang normal dan jarang jadi alasan yang perlu dikhawatirkan. Apalagi faktanya bayi cegukan sudah terjadi sejak ia masih di dalam kandungan.

Meski begitu, hingga saat ini cegukan pada bayi belum diketahui penyebabnya, namun beberapa teori mengatakan bahwa cegukan berkaitan erat dengan perkembangan paru saat bayi berlatih bernapas dengan menghirup cairan ketuban.

Mengutip Insider, Rabu (20/10/2021) umumnya cegukan pada bayi baru lahir terjadi saat diafragma yang kejang, yang akhirnya memaksa udara keluar melalui pita suara. Biasanya terjadi saat bayi minum, hingga makan terlalu cepat.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi?

Menurut Dokter Anak di Memorial Care Orange Coast Medical Center, Gina Posner, MD mengatakan cara paling efektif menghilangkan cegukan pada bayi yaitu dengan menunggu dan membiarkannya kembali normal dengan sendiri.

"Jika biasanya orangtua khawatir karena merasa takut bayinya tidak nyaman, namun sebenarnya bayi tidak merasa terganggu sama sekali," ujar Posner.

Posner menambahkan cegukan sama sekali tidak berbahaya untuk bayi, dan tidak perlu orang dewasa coba menghentikannya. Biasanya cegukan berlangsung selama 10 hingga 15 menit, meskipun mereka bisa bertahan satu hingga dua jam lamanya.

Adapun jika ingin mencegah cegukan pada bayi, cobalah memperlambat proses bayi menyusu. Jika mereka minum terlalu cepat, bayi akhirnya menghirup udara yang lebih banyak. Hasilnya perut bayi jadi kembung dan menganggu kinerja diafragma.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), jika ingin memberi makan bayi menggunakan botol, bisa dicoba untuk menyendawakan bayi setiap 200 hingga 300 gram susu.

Sedangkan saat Anda menyusui langsung, bisa menyendawakan bayi saat berganti payudara.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, bayi, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat