12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |   09:00 . Usung Anna Muawanah Maju Cabup Bojonegoro, PKB Beri Kebebasan Pilih Wakil   |   07:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi   |   20:00 . Gudang Arsip Bank BTPN Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp60 Juta   |   17:00 . Cegah Stunting, Pemdes Kauman Beri Pelatihan Inovasi Dawet Sayuran   |   14:00 . RA Islamiyah Sarangan Ikuti Akreditasi BAN-PDM Jatim   |   13:00 . Kelangkaan LPG Melon Dirasakan Pelaku Usaha Hingga Pangkalan Resmi   |   10:00 . Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Lolos 6 Besar Tingkat Provinsi Jatim   |   20:00 . Santap Dumptruck Muat Pasir di Bojonegoro, Pelajar Asal Tuban Meninggal   |   18:00 . LPG Melon di Bojonegoro Langka, Pj Bupati Minta Tambahan Kuota ke Pertamina   |   16:00 . Persibo Bojonegoro Kunci Tiket 16 Besar Liga 3 Nasional   |   15:00 . Sikap PKB Terkait Gus Nafik Maju Cawabup Bojonegoro Jalur Independen   |   12:00 . SMK N 3 Bojonegoro Lepas 390 Siswa, 42 Anak Sudah Bekerja   |   09:00 . Ribuan Santri Attanwir Doakan Jemaah Haji KBIHU ATTANWIR   |  
Fri, 17 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cara Agar Anak Betah Pakai Masker

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 November 2021 08:00

Cara Agar Anak Betah Pakai Masker Foto Anak biasanya meniru apa yang orang tuanya lakukan. - UN.org

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Anjuran patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penularan covid-19 hingga saat ini masih berlaku, sehingga semua warga harus tetap patuh prokes saat keluar rumah.

Untuk orang dewasa memakai masker tentu bukan hal yang sulit, tapi akan berbeda bagi anak-anak, apalagi yang masih di usia bangku Taman Kanak-kanak.

Agar buah hati tetap rajin dan betah memakai masker saat keluar rumah, tentu edukasi dari orang tua sangat penting. Seperti yang dilakukan Puput Suriyah kepada putrinya yang masih duduk di bangku TK.

Saat awal pandemi, Puput sapaan akrabnya menjelaskan, pemerintah mewajibkan semua harus pakai masker saat keluar rumah, tentu hal ini menjadi pertanyaan bagi anaknya, apalagi notabene sang anak ada di masa dimana rasa ingin tahunya sangat besar sekali.

"Anak saya ini rasa ingin tahunya tinggi, jadi selalu bertanya terus apabila ada sesuatu hal baru, seperti saat itu virus corona tengah hangat-hangatnya ada di televisi," cerita Puput kepada blokBojonegoro.com.

Sang anak saat itu bertanya, bunda apa itu virus corona? kenapa bisa ada virus? virus itu apa? masker ini untuk apa? harus dipakai terus ya maskernya? harus cuci tangan ya ? dan lain sebagainya, pertanyaan demi pertanyaan muncul dari sang buah hati yang sangat penasran.

Alhasil Puput yang juga dosen di kampus IKIP PGRI Bojonegoro ini harus benar-benar teliti saat menjawab pertanyaan dari anaknya, karena baginya jawaban yang akan diterima sang anak ini akan terus menempel dan selalu diingat.

"Jadi saat itu saya beri pengeritan kepada anak saya, tentang bahayanya virus corona, dan alasan kenapa memakai masker dan kenapa harus sering cuci tangan, alhmdulillah anak saya faham hingga saat ini," katanya.

Saat ini, sang buah hati sangat prokes, saat tahu ada tempat cuci tangan di lokasi baru, tanpa aba-aba pasti dia akan cuci tangan, selain itu apabila di luar anaknya pasti tak akan lepas masker meski masker yang dikenakan miring atau kebalik.

"Seperti saat sekolah itu, pas saya jemput pasti deh maskernya kadang kebalik, kadang miring ya namanya juga anak-anak yang masih aktif-aktifnya. Tapi herannya tidak pernah mengeluh kalau pakai masker itu akan pengap atau lainnya," ujar Puput bercerita.

Ia senang memiliki anak yang patuh, seperti saat sang anak tengah pilek secara otomatis ia akan mengambil masker sendiri dan bilang bahwa agar tidak menulari teman-temannya. Selain itu juga, terkadang ia malah mengingatkan kepada orang lain.

Jadi menurut Puput, bagi orang tua yang anaknya susah pakai masker, perlu adanya edukasi, mulai dari bahayanya virus, fungsi dan manfaat masker serta juga harus memberi contoh yang baik kepada anak, seperti menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

"Karena jawaban apa yang kita ucapkan kepada sang buah hati itu pasti nempel banget," tutupnya. [mu]

Tag : mengajari anak pakai masker, agar anak betah pakai masker, masker anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat