17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . KBC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Endemik Bengawan Solo (1)

Ikan Arengan atau Areng-Areng

blokbojonegoro.com | Monday, 29 November 2021 15:00

Ikan Arengan atau Areng-Areng Jenis ikan Arengan. (Foto: .net)

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com – Warga di bantaran Bengawan Solo dari hulu sampai hilir hampir dipastikan mengenal ikan Arengan atau wilayah lain menyebut Areng-Areng.

Munculnya lebih banyak saat pladu atau ikan tengah “mabuk” ketika pergantian air. Yakni dari musim kemarau ke penghujan. Air di sungai terpanjang di Pulau Jawa itu berubah menjadi cokelat.

Baik kecil maupun indukan, ikan Arengan biasanya ke tepi bengawan dan mudah ditangkap warga dengan tangan kosong atau alat seadanya.

[Baca juga: Pantau Medsos, Pladu Ikan Bengawan Solo Bisa Diprediksi ]

Arengan atau bahasa umumnya ikan hitam Labeo chrysophekadion, masuk dalam family Cyprinidae (satu family dengan ikan Mas). Ciri-ciri umum ikan Arengan adalah bentuknya mirip ikan Mas tetapi seluruh tubuhnya berwarna hitam dan terdapat bintik-bintik merah di badannya.

Yang mencolok adalah sirip punggung terlihat lebih tinggi dari proporsi tubuhnya sehingga ikan ini juga disebut Black Shark, meski sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ikan Hiu. Penamaan Black Shark mungkin mengacu pada sirip dorsalnya yang tinggi seperti Hiu.

Ikan Arengan hasil tangkapan dari pladu di Bengawan Solo. (Foto: blokBojonegoro.com/Muharrom)


Weber M and de  Beaufort LF. 1916. The fishes of the Indo-Australian Archipelago.Vol.  III Ostariophysi:  II  Cyprinoidae,  Apodes,  Syn-branchi. E.J. Brill Ltd. Leiden banyak menerangkan soal ikan Arengan atau Areng-Areng.

Selain di Bengawan Solo, menurut sumber tersebut, Arengan juga tersebar luas di sepanjang aliran sungai Paparan Sunda. Selain Jawa, ikan ini juga terdapat di Sumatra dan Kalimantan. Baik di Jawa atau di luar kondisi Areng-Areng juga mengalami kondisi yang sama. Menurunnya jumlah populasi akibat perubahan lingkungan, penangkapan berlebih dan belum ada upaya penangkaran.

Peluang bagi masyarkat untuk meneliti dan mengembangkan ikan ini sebenarnya cukup besar, karena ditinjau dari aspek biologinya, Arengan memiliki kemiripan dengan ikan Cyprnid lain seperti Tawes, Mas dan lain-lain.

ARENGAN / ARENG-ARENG
KLASIFIKASI ILMIAHNYA
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Cypriniformes
Family: Cyprinidae
Genus: Labeo
Species: L. chrysophekadion
Bleeker, 1850

Tag : ikan, arengan, bengawan, solo, bojonegoro, pladu, munggut, Pantau Medsos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat