Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gadis Asal Semanding Kembangkan Olahan Pangan Berbahan Sukun

blokbojonegoro.com | Monday, 31 January 2022 15:00

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sukun atau dikenal dengan nama latin Artocarpus Altilis, merupakan bahan pangan lokal yang banyak dijumpai di Indonesia. Selain itu, sukun juga memiliki beragam manfaat. Di antaranya sumber karbohidrat kompleks, protein, serat dan mineral hingga kalsium.

Ditangan Tanik (22) asal Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Sukun mampu diolah menjadi beragam camilan unik yang lezat dan memiliki nilai kandungan gizi tinggi. Seperti getuk sukun varian original hingga coklat, brownies, tepung sukun, kerupuk serta keripik sukun.

"Sejak SMK memang sering bikin olahan kripik, selain itu banyaknya pohon sukun di pekarangan rumah. Sehingga menjadikan saya berinovasi mengolah beragam panganan berbahan dasar sukun," tutur dara 22 tahun.

Ia mengatakan, produk olahan sukun tersebut dijual kepada masyarakat dengan harga bervariasi. Mulai dari kerupuk sukun kemasan 500 gram seharga Rp 12.000. Keripik Sukun varian manis, jagung manis, sapi panggang, original dibandrol seharga Rp10.000.

"Tepung kue berbahan dasar Sukun seharga Rp15.000, getuk Sukun Rp8.000 serta brownies Sukun Rp25.000," imbuhnya.

Selain kaya akan kandungan gizi, produk makanan berbahan dasar sukun juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena bahan makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah

"Beragam varian tersebut proses produksinya berbeda. Tepung sukun sendiri bisa diolah menjadi aneka kue karena rasa manis yang dihasilkan," tandasnya.

Dara asal Semanding tersebut mengatakan, omzet yang dihasilkan dari olahan panganan berbahan dasar sukun terbilang cukup fantastis. Yakni mencapai Rp2.000.000 per bulannya.

Untuk memperluas pemasaran, Tanik memanfaatkan sosial media instagram maupun WhatsApp. Serta memasarkan di berbagai kios-kios dan rumah makan sekitar Bojonegoro.

"Harapannya pemasaran bisa sampai luar kota bahkan ritel modern di Bojonegoro. Karena memang belum memiliki izin PIRT dan sedang dalam proses," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Ekonomi, olahan, sukun



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini