Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menuju Kabupaten ODF Bupati Anna Berharap Masyarakat Semakin Sehat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 February 2022 15:00

Menuju Kabupaten ODF Bupati Anna Berharap Masyarakat Semakin Sehat Pelaksanaan verifikasi kabupaten ODF oleh pihak dari Provinsi Jatim. (istimewa)

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Sebab, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Sebagai bagian menuju Kabupaten ODF, Kemarin (8/2/2022) Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan verifikasi Kabupaten ODF dengan tim verifikasi Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Ani Pujiningrum dalam laporannya menyampaikan, persentase kepemilikan jamban sehat di Kabupaten Bojonegoro saat ini sebesar 97,90 persen dan akses penduduk terhadap jamban sebesar 100 persen.

"Untuk mewujudkan hal tersebut bukan sesuatu hal yang mudah, banyak faktor yang menjadi kendala, seperti kondisi geografis Kabupaten Bojonegoro yang memiliki wilayah hutan yang luas, banyak sungai termasuk sungai Bengawan Solo, serta kondisi ekonomi warga," ungkap Kadinkes.

Ani menambahkan, untuk mendukung percepatan menuju Bojonegoro ODF, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2021 telah memberikan bantuan pembangunan jamban sebanyak 7634 jamban.

"Dengan bantuan ini kami berharap terjadi perubahan perilaku positif di masyarakat yang sebelumnya masih buang air besar di sembarang tempat, sehingga target Kabupaten Bojonegoro ODF dapat terwujud. Dengan begitu diharapkan akan terjadi penurunan penyakit yang berbasis lingkungan," imbuhnya.

Terpisah Bupati Anna Mu'awannah secara virtual mengharapkan kerjasama dengan semua pihak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

"Melalui pencapaian kabupaten ODF serta penerapan pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang lain seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan makanan dan minuman, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga," pungkasnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bojonegoro ini juga berharap kepada masyarakat Bojonegoro agar semakin sehat. Sehingga dapat mendukung pencapaian Bojonegoro Produktif dan Energik.

Adapun verifikasi yang dilaksanakan secara virtual yang diikuti langsung di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) oleh Sekretaris Daerah, Asisten 1, Kepala Dinas Kesehatan, Dan Dinas PU cipta karya, serta diikuti secara virtual oleh seluruh Puskesmas se Kabupaten Bojonegoro. [riz/lis]

 

 

Tag : Verifikasi, ODF, kabupaten, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini