14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Menuju Kabupaten ODF

Setelah Diverifikasi Lapangan, Bojonegoro Dinyatakan Sebagai Kabupaten ODF

blokbojonegoro.com | Thursday, 10 February 2022 20:00

Setelah Diverifikasi Lapangan, Bojonegoro Dinyatakan Sebagai Kabupaten ODF Tim Verifikasi ODF Provinsi Jatim melakukan verlap. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Setelah kemarin (9/2/2022) Kabupaten Bojonegoro dilakukan Verifikasi sampel di Lapangan, oleh Tim Gabungan ODF Provinsi Jawa Timur, akhirnya, Bojonegoro secara resmi dinyatakan menjadi Kabupaten ODF. Hal tersebut disampaikan pada saat rapat pleno yang di gelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro pada (10/2/2022) di Dewarna Hotel and Convention.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, M. Isnaini, menerangkan, sebelumnya Dinkes Bojonegoro sudah melakukan verifikasi lapangan langsung ke desa yang mengajukan verifikasi ODF sejak tahun 2009 sampai dengan awal 2022. Dan saat ini sedang dilaksanakan verifikasi kabupaten ODF oleh Tim Provinsi Jawa Timur. Proses verifikasi meliputi verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan.

Verifikasi diawali dengan paparan pelaksanaan program ODF di Kabupaten Bojonegoro oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Dra. Nurul Azizah, MM, di depan Tim Verifikasi Provinsi Jawa Timur dan semua stakeholder secara daring di Gedung PIP pada Selasa (8/2/2022) Kemarin. Kemudian, dilanjut dengan pengundian untuk desa yang ditempati untuk verifikasi lapangan.

“Untuk verifikasi lapangan, dari total 28 Kecamatan, yang terdiri dari 430 Desa/Kelurahan yang ada di kabupaten Bojonegoro, diambil sampling  30% kecamatan, kemudian masing-masing kecamatan diambil 2 Desa sampel,” jelasnya.

Menurut Isnaini, 9 Kecamatan tersebut diambil dari 2 Kecamatan dengan wilayah klaster perbukitan atau hutan, 2 kecamatan dataran rendah pedesaan, 2 kecamatan daerah aliran sungai, 1 kecamatan dataran rendah perkotaan, 1 kecamatan perbatasan Lamongan dan 1 kecamatan perbatasan Tuban.

“Diambil 9 Kecamatan tersebut karena sampling minimal 30%, jadi dari 9 kecamatan tersebut ada 18 Desa yang dikunjungi oleh tim verifikasi, setiap desa diambil sampling 25 KK, jadi total sampel ada 450 KK,” imbuhnya.

Selanjutnya, di hari ketiga ini, dilaksanakan rapat pleno hasil verifikasi. Kegiatan dilakukan secara offline, yang dihadiri oleh, Ketua Pokja PKP, Bappeda Prop, Kepala Biro AP,  Dinkes, Tim Pembina KKS Propinsi, APPSANI, HAKLI, Pamsimas, Dekan Unair, Ketua BKMP Unair, Unicef.

Selain itu juga dihadiri Dinkes Tuban, Dinkes Lamongan, Bappeda Bojonegoro, Dinkes Bojonegoro, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro, FKS, Camat, Kepala Puskesmas, dan juga petugas Sanitarian puskesmas.

Dari hasil verifikasi ODF oleh Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Timur, pada hari ini Kabupaten Bojonegoro dinyatakan sebagai Kabupaten ODF ke-21 dari 38 Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur. [riz/ito]

Tag : kabupaten, sehat, odf, bojonegoro, verifikasi, lapangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat