13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peralatan Produksi Bawah Permukaan

blokbojonegoro.com | Friday, 11 February 2022 11:00

Peralatan Produksi Bawah Permukaan Foto ilustrasi

Oleh: Febri Widana Aditiya Putri

Peralatan Produksi Bawah Permukaan (SubSurface Equipment) adalah  peralatan yang terpasang mulai dari Well Head sampai dengan dasar sumur  yang berfungsi untuk membantu proses produksi fluida. Salah satu peralatan bawah permukaan yaitu casing.

1. Peralatan Dibawah Permukaan

Yang dimaksud dengan peralatan dibawah permukaan (SubSurface Equipment) adalah peralatan yang terpasang mulai dari well head sampai dengan dasar sumur.

2. Casing secara umum berfungsi:
-. Mencegah dinding lubang bor agar tidak runtuh
-. Tempat pemasangan blow out preventer (BOP)
-. Bersama semen memperkuat dinding lubang bor
-. Mencegah kontaminasi air tawar dengan lumpur pengeboran (pipa selubung)

Casing Dibedakan Menjadi:
a. Conductor casing
b. Surface casing
c. Intermediate casing
d. Production casing
e. Liner

a). Conductor Casing

Conductor Casing merupakan rangkaian casing yang pertama. Conductor casing (conductor pipe) ini ditanamkan pada titik dimana suatu sumur akan dibor dengan cara menumbuknya dengan menggunakan diesel hammer. Kedalaman conductor pipe ini berkisar antara 10 ft sampai dengan 300 ft tergantung dari kondisi lokasi yang akan dibor. Ukuran diameter conductor pipe biasanya antara 16 inci sampai dengan 36 inci. Conductor pipe ini harus mempunyai ukuran yang lebih besar agar casing berikutnya bisa masuk kedalamnya.

Fungsi Conductor Casing :
1. Menampung drilling fluid (mud) agar sirkulasi bisa dilakukan.
2. Mencegah membesarnya lobang (washout) pada lapisan permukaan yang umumnya bersifat tidak solid/gampang runtuh (unconsolidated formation).

b). Surface Casing

Surface casing adalah casing yang dimasukkan kedalam sumur atau lubang bor melalui conductor pipe. Kedalaman (setting) dari surface casing ini akan sangat bergantung dari kedalaman formasi yang tidak solid (unconsolidated formation). Biasanya surface casing ini memiliki ukuran diameter antara 9-5/8 inci sampai dengan 20.0 inci. Karena temperatur, tekanan dan fluida yang korosif cenderung meningkat sejalan dengan kedalaman lobang bor, maka pemilihan jenis besi casing (grade) harus disesuaikan dengan kondisi sumur.

Fungsi Surface Casing :
1. Melindungi formasi dari lapisan air bersih (fresh water formation)
2. Menutup unconsolidated formation dan zona-zona lost circulationMenyediakan tempat untuk pemasangan BOP
3. Melindungi/menjaga “build” section pada sumur berarah
4. Menyediakan tempat untuk melakukan “leak-off test”

c). Intermediate Casing

Intermediate casing adalah casing yang dipasang setelah surface casing yang biasanya digunakan untuk menutup/mengatasi masalah yang akan timbul dengan formasi selama pekerjaan pemboran. Biasanya intermediate casing ini ukuran diameternya antara 9 5/8 inci sampai dengan 13 5/8 inci.

Fungsi Intermediate Casing :
1. Kadang dipakai dan kadang tidak, tergantung perlu atau tidak
2. Menjaga agar lubang bor tidak rusak untuk pengeboran selanjutnya
3. Bersama semen menutup lapisan bertekanan tinggi /rendah
4. Bersama semen menutup formasi yang menyebabkan lost circulation menutup lapisan korosif
5. Menutup zona-zona yang akan menimbulkan masalah dalam pemboran (gas zones, lost circulation zones

d). Production Casing

Production casing adalah rangkaian pipa selubung yang terakhir dimasukkan kedalam lubang bor. Ukuran production casing ini akan sangat bergantung dari perkiraan jumlah produksi dari sumur tersebut. Semakin tinggi produksi suatu sumur akan semakin besar ukuran production casing yang akan digunakan. Biasanya production casing ukuran diameternya antara 13.0 inci sampai dengan 7.0 inci.

Fungsi Production Casing:
1. Menyediakan tempat berkumpulnya fluida yang akan diproduksi.
2. Memisahkan formasi produksi dengan formasi lainnya.
3. Menghubungkan formasi produksi dengan permukaan.
4. Menyediakan tempat untuk alat bantu produksi (submersible pump).

e). Liner

Liner merupakan rangkaian casing produksi (production casing) yang dipasang dalam lobang bor/sumur tetapi tidak sampai kepermukaan. Biasanya liner dipasang pada intermediate casing dengan menggunakan packer atau slip. Didalam pemasangannya, liner biasanya akan berhimpitan (overlap) dengan intermediate casing antara 100 ft sampai dengan 150 ft.

Fungsi Liner:
Digunakan untuk mengurangi biaya casing dan biaya untuk running casing. Jika liner ini harus disambung sampai kepermukaan dengan menggunakan rangkaian casing lainnya, maka rangkian casing ini disebut dengan “Tie Back” string.

 

 

Tag : Peralatan Produksi Bawah Permukaan, SubSurface Equipment, Well Head, migas, smk migas bojonegoro, smkn 5 bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat