Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perdana, Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Relawan Turun Tangan Nasional

blokbojonegoro.com | Friday, 25 March 2022 20:00

Perdana, Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Relawan Turun Tangan Nasional Perdana, Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Relawan Turun Tangan Nasional. (Misbahul/blokbojonegoro.com)l

 

Kontributor: Moch Misbahul munir

blokBojonegoro.com - Relawan Turun Tangan Kabupaten Bojonegoro menjadi tuan rumah Gethering Nasional Turun Tangan tahun 2022.

Pembukaan serangkaian kegiatan Gethering Nasional tersebut dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Dabonsia Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (25/3/2022).

Kegiatan yang mengusung tema Empower One Another tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni dari tanggal 25 sampai 27 maret 2022 yang di ikuti oleh perwakilan relawan TurunTangan Daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Drs. Arwan, M.Si., juga tamu undangan lainnya.

Koordinator umum Turun Tangan Bojonegoro Dio Brian A menuturkan, kegiatan Gethering Nasional Turun Tangan ini setiap tahunnya di lakasanakan untuk mengetahui perkembangan dan gerakan kerelawanan dari berbagai daerah, namun semenjak pandemi covid19 kegiatan tersebut tidak dilaksanakan dan baru kali ini dilaksanakan.

"Alhamdulillah Turun Tangan Bojonegoro dipilih menjadi tuan rumah, di usia yang belum genap 2 tahun serta belum pernah mengikuti kegiatan Gethering di tahun - tahun sebelumnya, kita senang karena baru pertama kali ikut Gethering Nasional langsung jadi tuan rumah," kata Dio saat di temui blokBojonegoro.com seusai acara pembukaan.

Dio menjelaskan kegiatan Gethering Nasional ini merupakan sebagai sarana untuk bersilaturahmi, berdiskusi serta mengobarkan semangat kerelawanan bagi relawan yang tergabung di organisasi Turun Tangan.

"Kurang lebih ada 50 peserta, untuk peserta dari Turun Tangan daerah sendiri ada 15 sampai 20 relawan dari berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Turun Tangan sendiri merupakan sebuah inovasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan, di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan.

"Pada Gethering Nasional ini selama 2 hari peserta diberi materi tentang pengembangan diri dan materi kerelawanan, selanjutnya refresing dan berwisata di wisata yang ada di Bojonegoro serta penanaman pohon di Kecamatan Malo dari DLH," ungkapnya.

Dio menambahkan, pada agenda besar tahunan ini dibahas perubahan sistematika organisasi hingga berdiskusi terkait issu yang berkembang serta gerakan kerelawanan yang saat ini sedang digalakan pada masing - masing daerah.

"Sesuai dengan tema kali ini yakni Empower One Another kita berharap satu sama lain saling menguatkan, kita ingin mengakrabkan antar relawan serta melaui gethering ini kita ingin membantu mencari solusi dari masalah teman-teman relawan Turun Tangan Daerah lain," imbuhnya.

Sementara itu masih di lokasi yang sama Kepala Dinas Sosial Arwan memberikan apresiasi dan berpesan kepada pemuda - pemuda yang tergabung dalam oraganisasi relawan Turun Tangan, ia menekankan pada saat memberikan bantuan kepada masyarakat perlu adanya koordinasi juga komunikasi yang baik, serta memahami apa yang akan lakukan terhadap mereka yang akan diberi bantuan sehingga bantuan yang mereka berikan dapat memberi kebermanfaatan bagi penerima bantuan.

"Saya berharap relawan - relawan ini bisa bergerak membantu masyarakat secara profesional," singkatnya. [mis/lis]

Tag : Relawan, turun tangan, sosial



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini