13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Tips Menghindari Tubuh Lemas saat Puasa, Tidur Cukup Jadi Kunci

blokbojonegoro.com | Friday, 01 April 2022 07:00

4 Tips Menghindari Tubuh Lemas saat Puasa, Tidur Cukup Jadi Kunci

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Saat menjalani ibadah puasa, biasanya saat siang hari cenderung lemas dan lesu. Hal tersebut dikarenakan semakin meningkatnya rasa lapar dan haus dan lapar, namun harus tetap ditahan karena sedang berpuasa. Hal ini pun membuat gula darah menurun sehingga tubuh jadi lemas dan lesu. Adapun tips menghindari tubuh lemas saat puasa yakni sebagai berikut.

Diketahui, umat Muslim yang tidak berhalangan (sakit, haid, nifas, musafir) diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan. Tak jarang tubuh menjadi lemas saat sedang menjalankan puasa. Lantas, bagaimana tips menghindari lemas saat puasa? Simak berikut ini tipsnya.

1. Tingkatkan Pernapasan

Untuk menghindari rasa lemas saat sedang berpuasa, salah satu tipsnya yaitu meningkatkan pernafasan. Caranya, cobalah menarik nafas panjang melalui hidung, lalu buang perlahan-lahan melalui mulut. Mungkin ini terdengar sepele, namun aktivitas ini mampu meningkatkan kekuatan tubuh.

2. Olahraga

Olahraga teratur itu sangat penting, baik sedang berpuasa maupun tidak. Jika Anda melakulan olahraga dengan benar, tubuh Anda tidak akan lelah, tapi justru berguna untuk memberi tubuh Anda energi. Anda bisa jadwalkan sejumlah olahraga ringan dalam rutinitas Ramadan. Misalnya berjalan kaki usai sahur, ini tentunya berguna untuk meningkatkan energi.

3. Tidur yang Cukup

Saar puasa di bulan Ramadan, setiap muslim diharuskan bangun sebelum subuh untuk bersantap sahur. Ini mungkin sedikit merusak kebiasaan waktu jam tidur Anda. Oleh karena itu, sebaiknya saat bulan Ramadhan Anda menghilangkan kebiasaan begadang. Sebab, waktu tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak menyebabkan tubuh jadi cepat lelah dan lemas. Setidaknya, cobalah tidur 8 jam.

4. Alihkan Fokus dari Rasa Lapar dan Lelah

Tips berikutnya untuk menghindari raaa lemas dan lelah saat berpuasa yaitu alihkan fokus Anda. Jika Anda mulai merasa lelah atau lapar, coba alihkan fokus Anda dari hal tersebut ke hal lainnya. Misalnya, Anda bisa fokuskan pikiran Anda dengan menulis atau kegiatan-kegiatan lainnya yang membuat fokus Anda tidak lagi pada makanan atau rasa lelah.

Demikian informasi mengenai tips menghindari tubuh lemas saat berpuasa. Anda juga bisa mencoba cara lainnya, salah satunya pastikan agar diri Anda tetap sibuk. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat