10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |   07:00 . 4 Manfaat Jika Kita Peduli Terhadap Keadaan Orang Lain   |   23:00 . Diduga Ngantuk Saat Hujan Deras, Sopir Truk Tabrak Portal Jalan   |   20:00 . Sambang Desa, Bupati Anna Tekankan Fokus Pembangunan SDM Berkelanjutan   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sapi Kena Penyakit Mulut dan Kuku, Apa Bisa Dagingnya Dikonsumsi?

blokbojonegoro.com | Saturday, 14 May 2022 13:00

Sapi Kena Penyakit Mulut dan Kuku, Apa Bisa Dagingnya Dikonsumsi?

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Akhir-akhir ini banyak hewan ternak sapi terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sehingga pertanyaan timbul di masyarakat, apakah virus tersebut bisa menular ke Manusia, dan apabila sapi yang terjangkit apa masih bisa dikonsumsi dagingnya?

Menurut drh. Hendri, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, masyarakat Kabupaten Bojonegoro dihimbau agar tidak panik secara berlebihan menanggapi virus PMK ini, karena penyakit ini tidak menular ke manusia.

"Penyakit ini sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980, namun sudah hilang. Kemudian baru kali ini muncul lagi, saat ini masih diteliti penyebab kemunculannya," ungkap drh. Hendri.

Sementara, menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Bojonegoro, Sugiarti Sri Rahayu, masyarakat tak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi daging sapi yang terkena virus PMK. Pasalnya, meski sapi tersebut sudah terjangkit, dagingnya tetap boleh dan aman untuk dikonsumsi.

"Namun, tidak semua bagian bisa dimakan, ada beberapa bagian yang tidak direkomendasikan aman untuk dimakan, seperti bagian kepala dan jeroan itu tidak bolek dimakan," tegas Sugiarti.

Kepada peternak sapi, pihaknya berharap agar tidak panik secara berlebihan, tetapi harus tetap waspada. Karena penyakit mulut dan kuku ini bisa sembuh dan tidak berbahaya bagi manusia, lantaran penyakit tersebut dipastikan tidak menular ke manusia.

Sementara, berdasarkan Keputusan Kementerian Pertanian (Kementan) Nomor 403/KPTS/PK.300/M/05/2022, Tentang Penetapan Daerah Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (Poot And Mouth Disease) Pada Beberapa Kabupaten Di Provinsi Jawa Timur.

Dalam Kepmentan tersebut, menetapkan empat Kabupaten di Jatim sebagai daerah yang terkena wabah PMK, meliputi Kabupaten Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Kabupaten Lamongan. [riz/mu]

Tag : penyakit pada sapi, penyakit mulut dan kuku



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat