19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |   13:00 . HUT Kemerdekaan RI, Buah Lokal Bojonegoro Dipamerkan di Gedung Grahadi   |   12:00 . 15 Pemain Lolos Seleksi Persibo, Hanya Empat Pemain Lokal   |   09:00 . Mengisi Kemerdekaan   |   09:00 . 262 WBP Dapat Remisi Kemerdekaan, 2 Langsung Bebas   |   22:00 . Semarak Kemerdekaan, KKN-T Unigoro Adakan Pemeran UMKM   |   21:00 . Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan   |   20:00 . Penuh Tantangan, Jambore Cabang XII Bojonegoro Berakhir Membanggakan   |   17:00 . Macet, Buka dan Tutup Jalan Nasional   |   16:00 . Proyek JTB Berhasil Lakukan Proses Gas-In   |   15:00 . Harga Makin Tinggi, Cabai Lompong Dijual Rp80.000 per Kilogram   |  
Wed, 17 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDes Margomulyo Terpilih Sebagai Misi Dagang di Bangka Belitung

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 May 2022 08:00

BUMDes Margomulyo Terpilih Sebagai Misi Dagang di Bangka Belitung

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Margo Sasono Karyo Mulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, mengikuti kegiatan misi dagang dan investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Jatim dengan Pemprov Bangka Belitung. 

BUMDes Margomulyo terpilih sebagai peserta, karena Kecamatan Margomulyo menyimpan beragam potensi untuk dikembangkan, diantaranya sebagai sentra kerajinan kayu jati, di Kecamatan Margomulyo sendiri setidaknya terdapat empat desa yang menjadi sentra kerajinan, yakni Desa Geneng, Meduri, Sumberjo dan Desa Margomulyo. Saat ini tercatat sekitar 70 perajin yang tersebar di 4 desa tersebut.

Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti melihat potensi ini dan mengajak BUMDes Margomulyo untuk membuat usaha pemanfaatan limbah kayu menjadi kerajinan yang bernilai jual, hasilnya ada produk wood tumbler, wood bottle, wood dispencer dan wood kitchen ware. "Ada empat produk dari hasil usaha pemanfaatan limbah kayu, semuanya bernilai ekonomis," tutur Camat Dyah Enggarini Mukti.

Selanjutnya, Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti menyampaikan momen misi dagang dan investasi ini juga merupakan kebangkitan para UMKM dari keterpurukan Covid-19. Kegiatan ini juga merupakan langkah meningkatkan produk unggulan daerah untuk dapat dikenal masyarakat luas. 

"Saat ini pasca Covid-19 tidak ada jarak ruang bagi kebangkitan investasi khususnya para UMKM di Kecamatan Margomulyo," ucapnya.

Dinas PMD Kabupaten Bojonegoro, melalui Kepala Dinas, Mahmmudin, kemudian menyambut dengan mengusulkan BUMDes Margomulyo agar diikutkan dalam Misi Dagang Provinsi melalui Dinas PMD Provinsi Jawa Timur. Setelah melalui seleksi dan pemilihan akhirnya BUM Desa Margomulyo terpilih.

Dalam kegiatan di Bangka Belitung, Gubernur Jawa Timur dan Kepala Dinas beberapa SKPD Provinsi Jatim, turut serta memberikan apresiasi atas kreatifitas produk-produk dari BUMDes Margomulyo, saat mengunjungi stand.

Langkah ini pun sesuai dengan visi dan misi Bojonegoro yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023. "Menjadikan Bojonegoro sebagai Sumber Ekonomi Kerakyatan dan Sosial Budaya Lokal untuk Terwujudnya Masyarakat yang Beriman, Sejahtera, dan Berdaya Saing," sambungnya.

Terpisah, Bambang Sutrisno, salah satu pengurus BUMDes Margomulyo yang mengikuti kegiatan ini menyampaikan terimakasih telah diberi kesempatan. "Sebetulnya ini misi untuk meningkatkan BUMDes dan UMKM bisa semakin lebih maju, naik kelas, karena UMKM itu yang menjadi penopang ekonomi negara. Jadi produk-produk kita bisa dipasarkan di Bangka Belitung, begitu juga sebaliknya kita bertukar produk dan kita pasarkan," papar dia. 

Senada, Kepala Desa Margomulyo, Nuryanto berharap sinergitas ini dapat terus berjalan dengan baik. "Ini kesempatan baik bagi BUM Desa kami untuk terus berinovasi menggali peluang usaha berdasarkan potensi lokal," tutupnya. [liz/mu]

Tag : Bumdes, bumdes margomulyo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat