Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo

blokbojonegoro.com | Sunday, 07 August 2022 20:00

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - KKN Universitas Bojonegoro dan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, mengadakan program pengabdian masyarakat dengan sejumlah pelatihan. Mulai dari pelatihan pembuatan Nugget Jagung, pembuatan jamur dari bonggol jagung (jamur merang), hingga pelatihan pembuatan Bouket.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama  untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan menambah pendapatan masyarakat sekitar. Pelatihan ini dilaksanakan sesuai dengan program Bupati Tuban yaitu one village one product (OVOP).

Berdasarkan survey yang telah dilakukan menujukkan bahwa banyaknya hasil tanam masyarakat Wukirharjo berupa jagung. Yang mayoritas hasil panen tersebut hanya dijual mentahan tanpa adanya inovasi penambahan nilai jual.

"Maka dari itu KKN kolaborasi ini memilih untuk mengadakan pelatihan yang identik dengan jagung. Kegiatan ini juga dihadiri oleh masyarakat desa setempat, perangkat Desa Wukirharjo serta Dosen pendamping dari Unigoro dan Unirow," ungkap Anang Bayu Wicaksono, Ketua Kelompok 25 KKN T Universitas Bojonegoro.

Selain pelatihan Nugget jagung dan pelatihan pembuatan jamur dari bonggol jagung (jamur merang), KKN Unigoro dan Unirow juga melaksanakan pelatihan Bouket pada hari Sabtu (6/8/2022) yang dipusatkan di Wana Wisata Prataan. Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas generasi muda Wukirharjo, sehingga mampu membuka peluang usaha baru.

"Dengan pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan, masyarakat Wukirharjo sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai harapan," tukasnya. [feb/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : kkn, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini