Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pelantikan PWI Bojonegoro, PWI Jatim: Tugas Pers Mengedukasi Masyarakat

blokbojonegoro.com | Monday, 10 October 2022 15:00

Pelantikan PWI Bojonegoro, PWI Jatim: Tugas Pers Mengedukasi Masyarakat Foto: Prosesi pelantikan PWI Bojonegoro di Pendopo Pemkab (Anang Febri/blokbojonegoro.com)

 

Kontributor: Rizky Nur Diansyah 

blokBojonegoro.com - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bojonegoro periode 2022-2025 resmi dilantik oleh PWI Jawa Timur, di Pendopo Pemkab Bojonegoro, Senin (10/10/2022). PWI Jatim meminta kepada PWI Bojonegoro untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat melalui pemberitaan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim Machmud Suhermono mengatakan, inilah saatnya berkiprah dengan tugas utama meningkatkan target profesi. Target profesi ialah memberikan edukasi pada masyarakat lewat pemberitaan. Sebab, produk jurnalistik adalah berita.

Menurutnya, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 bahwa, peran pers memiliki empat fungsi. Di antaranya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

“Sepanjang teman media mampu melakukan tugasnya sesuai amanah kode etik jurnalistik, akan tetap dicari produk jurnalistiknya. Apalagi informasi yang dibagikan insan pers, sudah terverifikasi dan tervalidasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Bojonegoro periode 2022-2025, M.Yazid menjelaskan, PWI menjadi wadah organisasi wartawan yang sudah berupaya menunjukkan profesionalisme. Salah satunya melalui uji kompetensi. Dari uji kompetensi, wartawan bisa melakukan pekerjaan jurnalistik berdasarkan cover both side dan data valid di lapangan. 

“Tugas pers dan fungsinya menjunjung tinggi UU Pers maupun kode etik jurnalistik. Kami terus berupaya mendukung dan menyukseskan kegiatan Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya terus bersinergi dengan pemangku kebijakan maupun stakeholder terkait,” jelasnya.

Dengan pengukuhan pengurus PWI Bojonegoro, Yazid berharap, dapat memberikan dampak positif. Selain itu, melalui seminar bisa menjadi tongkat estafet sebagai langkah awal untuk menggaungkan informasi di Kabupaten Bojonegoro berdasarkan fakta dan realita. [riz/lis]

 

Tag : PWI, pelantikan, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini