18:00 . Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Argentina Takluk 0-2 dari Nigeria   |   16:00 . Keberangkatan CJH, DLH Terjunkan 30 Personil Petugas Kebersihan   |   08:00 . Tetap Menjaga Kebersihan di Sela Keramaian   |   06:00 . Suka Cita Penantian Pergi Haji: Berangkat Bareng Suami, Ada Juga Yang Bawa Ikan Asin   |   05:00 . Bupati Anna Mu'awanah Lepas CJH Bojonegoro Kloter Awal   |   23:00 . Pengantar CJH Bojonegoro Tunggu Area Pendopo Dibuka   |   22:00 . Ribuan CJH dan Pengiring Padati Alun-alun Bojonegoro Sejak Pukul 9 Malam   |   21:00 . 13 Truk Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Asrama Haji   |   20:00 . Ini Skema Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Bojonegoro   |   19:00 . CJH Bojonegoro Siap Berangkat, Dishub Siapkan Parkir hingga Tutup Jalan   |   18:00 . CJH Jangan Bandel Ini Barang Yang Tidak Boleh Dibawa, Termasuk Jimat   |   17:00 . Gapoktan Sumber Rejeki Sukses Panen Kacang Lewat Metode Biosaka   |   16:00 . 5 Bulan, 18 Kejadian Tenggelam di Bojonegoro, 1 Korban Belum Ketemu   |   15:00 . Pedagang Pasar Banjarejo Rasakan Kemudahan Transaksi Lewat Pasar.id   |   14:00 . Tahun Ini, Pemkab Akan Bangun Jalan Cor, Panjangnya Setara Bojonegoro-Semarang   |  
Fri, 02 June 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perempuan Menopause Rentan Alami Depresi, Ini Pentingnya Support System

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 October 2022 07:00

Perempuan Menopause Rentan Alami Depresi, Ini Pentingnya Support System

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Masa menopause, kondisi alamiah yang akan dihadapi oleh setiap perempuan menyebabkan perubahan hormon yang gejala-gejalanya dapat menganggu produktivitas, serta menurunkan kualitas hidup.

Perempuan dalam masa menopause, jelas Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Dr. dr. Natalia Widiasih, Sp.KJ (K}, MPd.Ked, rentan mengalami penurunan daya berpikir (fungsi kognitif), khususnya berupa penurunan daya ingat dan kelancaran verbal, yang berpotensi menjadi demensia di kemudian hari.

Hal tersebut, lanjut dia ada hubungannya dengan produksi estrogen yang berperan dalam mediasi neurotransmitter di korteks prefrontal, yang berperan dalam fungsi eksekutif, dengan mengatur pembentukan saraf dan melindungi saraf dari kerusakan dan kematian sel.

"Estrogen juga berperan dalam regulasi fungsi mitokondria dalam sintesis ATP, yattu bentuk energi yang dibutuhkan sel. Penurunan kadar estrogen saat menopause, mengganggu pembentukan energi otak akibat disfungsi mitokondria," jelasnya dalam acara peluncuran kampanye dengan tema "Cognition and Mood" oleh Perkumpulan Menopause Indonesia (PERMINESIA), Rabu (19/10/2022).

Inilah, kata dr. Natalia, yang menyebabkan adanya penurunan metabolisme otak, deposisi beta amuloid, hilangnya sinaps neuron di otak, dan kemudian menyebabkan penurunan fungsi kognitif hingga dementia.

Selain mengganggu kemampuan kognitif, perubahan hormon juga mengganggu kesehatan mental perempuan di masa menopause. Perempuan menopause lebih rentan mengalami gangguan mood yang meliputi perasaan gelisah, sensitif, dan perubahan mood yang fiuktuatif

Ia menambahkan, penurunan hormon estrogen memegang peranan penting dalam perubahan mood, terkait dengan fungsinya dalam regulasi sintesis dan metabolisme berbagai neurotransmitter terkait mood, seperti serotonin, dopamine, dan norepinephrine.

Disregulasi dari berbagai neurotransmitter tersebut pada daerah hipothalamus, korteks prefrontal, dan sistem limbik dapat menyebabkan gangguan mood dan perasaan lelah (fatigue).

"Perubahan mood tersebut nantinya dapat berkembang menjadi lebih berat dan menyebabkan gejala kecemasan dan depresi. Gejala kecemasan, jelasnya, ditandai dengan perasaan gelisah, panik, berkeringat, hingga sesak napas," ujarnya.

Sementara, depresi dapat ditandai dengan perasaan lelah, tidak berenergi, gangguan tidur, konsentrasi yang buruk, dan perubahan berat badan yang dapat memperburuk kualitas hidup. Selain itu, proses penuaan pada fisik perempuan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan terbentuknya pandangan negatif pada dirinya (negative body image).

“Berbagai faktor lain seperti keadaan ekonomi, dukungan sosial yang rendah, kondisi medis tertentu, riwayat gangguan mental, dan kepribadian individu juga dapat berpengaruh terhadap perubahan mood,” jelas dr. Natalia.

Karena itu, hubungan dalam keluarga dan pasangan yang baik dapat membantu meringankan stress akibat menopause dan membantu perempuan menjadi lebih resilien dalam melewati fase ini. Peran support system sangat penting dalam membantu perempuan menjalankan masa menopause.

Ketika terdapat disfungsi seksual akibat menopause misalnya, pasangan perlu saling mengkomunikasikan ekspektasi satu sama lain terkait hubungan seksual. Pasangan juga dapat melakukan couples therapy untuk membantu pasangan agar dapat saling memahami dan membentuk strategi dalam menghadapi perubahan biologis, hormonal, dan psikologis yang sedang terjadi.

Beberapa hal yang perlu dibicarakan adalah bagaimana fase menopause ini berdampak pada hubungan, keintiman, seksualitas, dan bagaimana harapan dan ekspektasi terhadap satu sama lain dalam melewati fase ini.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat