Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Margomulyo Sukses Budidaya Bibit Tanaman Anggur Impor.

blokbojonegoro.com | Sunday, 22 January 2023 13:00

Warga Margomulyo Sukses Budidaya Bibit Tanaman Anggur Impor.

Kontributor: Qusnia Azzahra

blokBojonegoro .com - Berawal dari iseng-iseng, petani anggur asal Dusun Medayun RT 02/RW 01 Margomulyo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Mas Bowo sukses membudidayakan bibit tanaman anggur impor. Tak ingin sukses sendiri, dia pun menularkan kemampuan budidaya yang dimilikinya untuk tetangga-tetangga di desanya.

Mas Bowo mengatakan, berkat jerih payahnya, dirinya sudah bisa merasakan hasil budidaya anggur impor. Karena itu, dia pun

menggerakkan serta mengajak warga satu RT setempat untuk budidaya anggur di pekarangan rumah masing-masing hingga bisa dikenal dengan sebutan 'Kampung Anggur'.

Meskipun tidak memiliki dasar keahlian sebagai petani holtikultura, ia memilih menekuni budidaya anggur impor di halaman rumahnya dan belakang rumah secara optimal.

“Di sini ada lima variates anggur yang di budidayakan, ada anggur Julian,Jupiter, Ninel, Mondhrop, Black Panther juga. Selain mudah hasil yang di dapatkan juga alhamdulillah cukup besar," ucapnya.

Mas Bowo mengawali budidaya anggur impor sejak tahun 2020. Selain menjual buah anggur, dia juga bisa meraup cuan dari penjualan bibit anggur berkisar Rp50-100 ribuan per pot. Sedangkan untuk bibir yang sudah siap berbuah, dipatok harga sekitar Rp1,5 juta.

Mas Bowo mengaku, laju permintaan pasar terhadap bibir anggur impor cukup tinggi. 

"Belum bisa tercukupi dan tentunya masih sangat menjanjikan sebagai peluang usaha," imbuhnya.

Dengan pengalamannya di dunia budidaya anggur, tak heran jika Mas Bowo menjadi ketua komunitas budidaya anggur. pernah didatangi untuk keperluan study banding atau pelatihan budidaya anggur. 

Apresiasi terkait upaya budidaya ini pun datang dari berbagai elemen, di antaranya dari Pemerintahan Desa dari wilayah Rembang yang tertarik untuk mengembangkan pertanian tanaman anggur inovatif di tanah kas desa. Bahkan, Pemdes Margomulyo mengapresiasi keberhasilan warganya dengan mengadakan penanaman anggur di embung desa di tahun 2023 ini. [lis]

Tag : Anggur, sukses, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini