16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 January 2023 16:00

Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar

Petugas TPA Banjarsari Menunjukan Bahan Bakar Minyak (BBML Olahan Hasil Sampah Plastik Yang Dibakar Dengan Gas Metana)

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Jutaan sampah yang berdesakan di Kabupaten Bojonegoro tiap hari diangkut oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro. Mulai dari sampah pemukiman warga, timbunan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), hingga menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terbagi jadi 2 lokasi.

Tim redaksi blokBojonegoro.com pun berkesempatan mengunjungi TPA Banjarsari yang ada di area Kecamatan Trucuk. Dari lahan Tempat Pembuangan Akhir dengan luasan hampir 5 hektare ini, terdapat karya daur ulang sampah yang bertansofmasi menjadi Gas Metana, menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Dari gas metana itu, kita proses lagi sampah plastik menjadi Bensin dan Solar," buka Gatot, petugas TPA Banjarsari saat ditemui blokBojonegoro.com disela aktivitasnya, Kamis (26/1/2023).

Dari sampah plastik itu, Pak Gatot bercerita bagaimana proses jenis sampah yang susah diurai ini jadi sebuah bahan bakar. Mulai dari pemilahan plastik warna bening, yang dimasukan pada tungku khusus dan dibakar menggunakan gas Metana.

Proses penyulingan tersebut berlangsung selama 8 jam. Mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, pembakaran sempurna dari 10 Kilogram (Kg) sampah plastik bisa menghasilkan setidaknya 5 liter BBM jenis bensin per hari. Proses serupa juga dilakukan pada sampah plastik yang tak sejenis warnanya, diolah dengan pembakaran Gas Metana sehingga menjadi BBM jenis Solar.

Bisa dibayangkan, bagaimana jika semua sampah plastik di seluruh penjuru Bojonegoro dikumpulkan dan diolah menjadi bahan bakar yang tentunya sangat bermanfaat bagi aktivitas sehari-hari bukan?

Akan tetapi, angka produksi yang dihasilkan dari olahan sampah plastik menjadi BBM ini masih terbilang minim. Dilihat dari prosesnya yang memakan waktu, kemudian output produk BBM juga minim, juga sedikitnya alat pengolah sampah plastik menjadi BBM ini.

"Mesinnya hanya ada 2 saja. Setiap hari produksi, tapi tidak selalu sih. Kita juga masih kurang tenaga kerjanya, minim," lengkap lelaki asal Desa Tulung Kecamatan Trucuk itu. [feb/ito].

 

Tag : Olah, sampah, tpa, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat