Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Ramadhan Pedagang Pasar Kota Ziarah Ke Makam Adipati Haryo Matahun

blokbojonegoro.com | Friday, 17 March 2023 09:00

Jelang Ramadhan Pedagang Pasar Kota Ziarah Ke Makam Adipati Haryo Matahun

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H, ratusan pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Kota (PPPK) Bojonegoro berziarah ke makam Raden Tumenggung Haryo Matahun 1 atau Bupati Bojonegoro pertama, Jumat (17/3/2023).

Salah satu pedagang, Mustain mengatakan, dengan ziarah tersebut diharapkan dapat memperkuat mental dan soliditas pedagang, karena selain menjadi Bupati pertama di Kota Migas, Raden Tumenggung Haryo Matahun 1 juga merupakan tokoh yang memperjuangkan terbentuknya pasar itu pada masanya.

"Kita memilih ziarah, karena beliau dulu termasuk yang memperjuangkan pasar Kota Bojonegoro,” kata Mustain.

Selain itu, hal tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga soliditas antar sesama pedagang pasar kota. Mustain mengaku, banyak tantangan dihadapi komunitas ini. Di antaranya dirasa mulai tumbuh oknum yang hendak memecah belah solidaritas pedagang yang terbilang solid itu.

"Soliditas kami selama 2 tahun memang sangat kuat, namun belakangan ini ada oknum yang berusaha memecah-belah kami,” bebernya.

Sementara itu, Ugik pedagang pasar kota yang turut dalam rombongan ziarah menyatakan bahwa, Mbah Haryo Matahun ini mempunyai jiwa yang tidak mau dijajah. Maka dari itu, para pedagang memilih makam beliau untuk lokasi ziarah sekaligus mengenang beliau untuk semakin solid. 

“Atas dasar tersebut maka dipilihlah makam Raden Tumenggung Haryo Matahun 1 untuk lokasi ziarah, Mbah Haryo Matahun itu punya jiwa tidak mau dijajah,” pungkasnya. [riz/mu]

Tag : ziarah, ramadhan, pedagang, puasa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini