22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Komisi B Segera Respon Keluhan Pupuk Bersubsidi Petani Hutan

blokbojonegoro.com | Friday, 07 April 2023 08:00

Komisi B Segera Respon Keluhan Pupuk Bersubsidi Petani Hutan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kedua kalinya, Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat dengar pendapat (hearing) dengan belasan kelompok masyarakat hutan, Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Administrator KPH Bojonegoro dan Pemkab Bojonegoro di ruang paripurna, Kantor DPRD setempat, Kamis (6/4/2023).

Sekretaris Umum LSM PKPAN, Alham M. Ubey, mengatakan bahwa pihaknya mewakili 15 kelompok hutan dan ratusan petani hutan. Dilatarbelakangi karena kesulitan mendapatkan pupuk, khususnya para petani yang saat ini memiliki lahan di area hutan.

Juga, memohon DKPP segera menarik surat yang meresahkan petani hutan. Dan segera memperjuangkan petani hutan untuk mendapat alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah. 

"Sebab, lahan hutan yang memang digarap saat ini masih menjadi hak pengelolaan Perhutani. Namun sebagai KTH telah mengajukan ke Kementerian Lingkungan dan Kehutanan dalam program perhutanan sosial," ungkap Sekretaris Umum LSM PKPAN, Alham M. Ubey. 

Pihaknya juga memohon kepada Bupati melalui Kepala DKPP, agar memikirkan bahwa petani tidak hanya yang memiliki lahan bersertifikat hak milik. Tetapi di kawasan hutan juga terdapat ribuan petani yang turut menyumbang hasil karya untuk ketahanan pangan Bojonegoro. 

"Kami mohon kepada Ibu Bupati, melalui hak anggarannya. Dimana anggaran dalam APBD perubahan 2023 ini dan APBD 2024 seterusnya. Agar selalu menganggarkan dalam APBD yang menembus angka Rp 7.4 triliun, untuk peningkatan kesejahteraan petani hutan," tuturnya. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi mengatakan pihaknya pertama sudah melakukan advokasi ke pemerintah pusat. Terutama terkait alokasi pupuk subsidi dan penetapannya oleh Kementerian Pertanian. 

"Jadi kita harus observasi kesana, agenda Komisi B bulan depan ke Kementerian Pertanian dan di Komisi IV DPR RI. Karena kita datang kesana tak hanya sekali atau dua kali, tetapi belum mendapatkan jawaban atau solusi," sambung Sally.

Kemudian, untuk menunggu regulasi dari pusat. Perlu diketahui bahwa Pemkab Bojonegoro juga memiliki program petani mandiri, bahkan ini dimungkinkan sangat bisa untuk menjangkau petani kawasan hutan. 

"Selain itu, juga mencoba menjembatani antar birokrasi. Dengan mengundang kepala SDM PKH, Cabang Dinas Kehutanan Jawa Timur," tambahnya. 

Jika kemudian ini selaras, maka persyaratan pokok sebagai penerima bantuan pupuk dari APBD terpenuhi. Tentu sambil menunggu perubahan regulasi dari pusat kelompok tani hutan dari Bojonegoro bisa menerima pupuk. 

"Di antaranya harus tergabung dalam poktan dan melibatkan lintas sektor. Bahwa Komisi B telah berinisiatif bulan depan mengundang para pemangku kepentingan untuk hadir," ulasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Pupuk, subsidi, distributor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat