18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menelisik Esensi Merdeka Sesungguhnya

blokbojonegoro.com | Friday, 18 August 2023 13:00

Menelisik Esensi Merdeka Sesungguhnya

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Secara historis Indonesia memang sudah merdeka dari penjajah. Namun arti merdeka, dalam KBBI yaitu bebas atau lepas dari penjajahan atau kendali. 

Sementara itu, dalam konteks Sejarah Indonesia, kata merdeka sangat erat dengan perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda, pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Kemerdekaan tersebut memungkinkan rakyat Indonesia untuk mengatur negara mereka sendiri dengan bebas dan mandiri. Istilah merdeka juga sering digunakan dalam konteks kebebasan individu atau suatu negara untuk bebas mengambil keputusan, mengungkapkan pendapat. 

Atau melakukan tindakan tanpa ada tekanan atau kontrol dari pihak lain. Di tanggal 17 Agustus 2023, Indonesia tengah merayakan hari kemerdekaan ke-78 (18 Agustus 1945 -18 Agustus 2023). Akal sehat warga negara selalu berfikir di saat memperingati hari kemerdekaan.

Namun apakah kita benar-benar sudah merdeka. Makna merdeka yang sesungguhnya adalah kebebasan untuk memiliki hak dan hak-hak dasar sebagai manusia. 

"Seperti kebebasan berpendapat, berkumpul, beragama dan berbuat sesuai dengan kehendaknya sendiri selama tidak melanggar hukum dan hak orang lain," ungkap Wakil ketua PD Muhammadiyah Bojonegoro bidang kebijakan publik dan hukum, Sholikin Jamik. 

Benarkah hari ini kita sudah benar-benar merdeka. Merdeka juga berarti tidak adanya penindasan, dominasi atau ketergantungan terhadap pihak lain. Apakah hari ini kita sudah merdeka dalam makna yang sebenarnya ?

"Lebih dari itu, makna merdeka yang sesungguhnya juga mencakup kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara untuk menjaga, mempertahankan," ucapnya.

Hingga memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, keadilan, persamaan maupun kebebasan bagi semua masyarakat. 

"Sudahkan kita merdeka?

Merdeka juga berarti dapat mengambil keputusan secara mandiri, memiliki kesempatan dan akses yang sama dalam segala aspek kehidupan. Serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi pribadi dan kemasyarakatan," imbuhnya.

Makna merdeka yang sesungguhnya juga melibatkan kesadaran kolektif akan pentingnya toleransi, menghormati perbedaan, menghargai hak asasi manusia. Maupun mempromosikan perdamaian serta keadilan sosial di dalam masyarakat. 

Merdeka bukan hanya sekadar kebebasan individu. Tetapi juga kemandirian dan keadilan bagi semua orang, tanpa memandang suku, ras, agama, jenis kelamin atau latar belakang lainnya.

"Secara keseluruhan, makna merdeka sesungguhnya adalah kebebasan yang diiringi dengan tanggung jawab dan kewajiban untuk menciptakan masyarakat yang adil. Dan berpegang kepada nilai-nilai kebebasan serta menghormati hak-hak asasi manusia," beber Sholikin Jamik. [liz/lis]

 

Tag : Merdeka, kemerdekaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat